Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Penulis harus mengirim naskah secara online melalui  http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/about/submissions . Untuk setiap artikel yang dikirim, penulis berkewajiban untuk mengikuti persyaratan dan ketentuan yang sesuai dengan Panduan Penulisan Jurnal Menssana di   https://drive.google.com/file/d/1YQIjSv1y7pfBcJMCc3iPOfMhcoT5Q_HT/view  (dapat diunduh pada halaman  http: //menssana.ppj. unp.ac.id )
  1. Artikel ini tidak memuat di media publikasi apa pun dan tidak mengandung tidak plagiarisme.
  2. Artikel diketik dengan menggunakan tipe huruf Time New  Romans dengan ukuran font 11 Margin tepi kiri 4 cm dan tepi Atas, kanan dan bawah 3 cm. Tebal naskah maksimum 15 halaman dengan spasi 1,5. Naskah dikirim ke redaksi melalui Daring di http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/about/submissions.
  3. Judul artikel tidak lebih dari 15 kata.
  4. Nama penulis ditulis secara lengkap tanpa gelar dan dilengkapi dengan nama lembaga/institusi, alamat lembaga dan email salah satu penulis.
  5. Jika skrip ditulis oleh tim atau lebih dari satu orang, editor akan berkomunikasi hanya dengan penulis utama atau penulis yang namanya terdaftar di tempat pertama.
  6. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia Abstrak dibatasi sebanyak 250 kata dengan spasi satu serta dilengkapi dengan 2-5 kata kunci sesuai abjad.
  7. Pendahuluan berisikan latar belakang masalah dan tujuan penelitian.
  8. Metodologi penelitian ditulis sebagai subbab yang meliputi desain penelitian, tempat dan waktu, teknik pemgambilan sampel atau bahan dan alat; cara pengumpulan data (tahapan penelitian), analisis data.
  9. Hasil dan Pembahasan menyajikan tentang deskripsi data dan hasil penelitian dan temuan penting yang didapat. Pembahasan merupakan diskusi yang membandingkan hasil temuan dengan konsep dan hasil temuan dengan konsep dan hasil penelitian lain yang relevan, bukan hanya deskripsi ulang dari hasil penelitian.
  10. Kesimpulan menyajikan tentang jawaban dari tujuan penelitian dan bukan rangkuman hasil penelitian. Saran dapat tulis dalam alinea berbeda pada bagianj kesimpulan ini.
  11. Daftar pustaka yang dikutip dalam artikel. Penulisan daftar pustaka berisi nama-tahun yang disusun menurut abjad yang ditulis dan diselesaikan pada Gaya Kutipan APA.
  12. Gunakan aplikasi Mendeley untuk memfasilitasi penyertaan referensi. Naskah dapat diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sebanyak 5-7 halaman