OptimalisasiPemahamanPembelajaranPendidikanJasmanimelalui Model PembelajaranPeer TeachingMenggunakan Media Audiovisual

  • Gita Febria Friskawati STKIP Pasundan Cimahi
Keywords: Pemahaman, Model Peer Teaching, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) menggunakan media audio visualterhadap pemahaman pembelajaran penjaspada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Randomized Pre test Post tes Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Padalarang sebanyak 546 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri atas kelompok A (kelompok eksperimen) berjumlah 42 orang dan kelompok B (kelompok kontrol) berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman pembelajaran penjas. Berdasarkan hasil analisis data mengenai perbedaan peningkatan pemahaman pembelajaranpenjas pada model pembelajaran peer teaching dan konvensional  pengaruh yang signifikan model pembelajaran konvensional diketahui bahwa nilaiF= 0,000 dengan signifikansi 0,995 Nilai sig > 0,05 maka Ho diterima atau kedua varians adalah sama. Artinya, penggunaan varians untuk membandingkan rata-rata populasi menggunakan t test dengan dasar equal variance assumed (diasumsikan kedua varians sama). Hasilnya didapat nilai signifikansisebesar0,000< 0,05 artinya Ho ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan pemahaman pembelajaran penjas siswa melalui model pembelajaran peer teaching dan konvensional. Dilihat dari rata-rata post test yang diperoleh kedua model pembelajaran, model pembelajaran peer teaching=13,35> model pembelajaran konvensional=11,73. Pemahaman pembelajaran penjas siswa SMA kelas XI lebih meningkat secara signifikan melalui model peer teaching dibandingkan dengan model konvensional.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-10
How to Cite
[1]
G. Friskawati, “OptimalisasiPemahamanPembelajaranPendidikanJasmanimelalui Model PembelajaranPeer TeachingMenggunakan Media Audiovisual”, jm, vol. 2, no. 1, pp. 1-12, May 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.