Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang: Studi Ketrampilan Berpikir Kritis

  • Paulus Rah Adi Pawitra 3Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang
  • Sigit Susilo 3Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang
  • Wiwik Kusmawati 3Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang
Keywords: Ketrampilan Berpikir Kritis , Buku ajar, Ilmu Gizi Olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang pada pengembangan buku ajar Ilmu Gizi Olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku ajar Ilmu Gizi OLahraga. Pengembangan buku ajar Ilmu Gizi Olahraga ini mengacu pada model 4D yang dikembangkan olehThiagarajan, dkk. (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate, dimodifikasi untuk disesuaikan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Ilmu Gizi Olahraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adalikwu, S.A., dan I.T. Iorkpilgh. 2013. The Influence of Instructional Materials on Academic Performance of Senior Secondary School Students in Chemistry in Cross River State. Global Journal of Educational Research. 20 (1).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Nomor 2 Tahun 2008 TentangBuku.

http://mediainfo.sourceforge.net/. Diaksestanggal 2 Januari 2013.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2009. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar. Jakarta: Kemendiknas.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, danPemakaian BukuTeks. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., and Semmel, M.I. 1974. Instructional
Development for Training Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement of Educational. Washington.

Thiagarajan. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. The University of Minnesota. New York-USA.
Published
2019-11-23
How to Cite
[1]
P. Pawitra, S. Susilo, and W. Kusmawati, “Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang: Studi Ketrampilan Berpikir Kritis”, jm, vol. 4, no. 2, pp. 175-178, Nov. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.