Pengembangan Diri Melalui Olahraga Panahan

  • ARISMAN ARISMAN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Ardo Okilanda University of PGRI Palembang
Keywords: Pengembangan diri, Olahraga Panahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru kelas terhadap pengembangan diri olahraga Panahan. Hal ini muncul karena siswa cenderung termotivasi terhadap permainan panahan yang diajarkan oleh Guru Penjaskes yang ada disekolah tersebut, sehingga siswa begitu antusias dalam melakukan aktifitas tersebut. Jumlah sampel dalam penelitian ini meliputi 15 Orang guru kelas di SD Islam Al-Azhar Cairo Palembang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan angket/kuesioner dengan skala Guttman. Analisis data yang digunakan adalah rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian yang diperoleh, dari variabel kemampuan guru dalam mengajar pengembangan diri dari 10 item yang diajukan, tingkat capaian responden mencapai 86,00%. Kemudian variabel model modifikasi dalam mengajar pengembangan diri dari 10 item yang diajukan, tingkat capaian responden mencapai 89,33%. Dari temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya tingkat capaian pelaksanaan pengembangan diri Kemampuan Guru dan modifikasi olahraga Panahan yang ada disekolah tersebut diklasifikasikan pada kategori Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Muri,Yusuf. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Arisman. (2018). Pengaruh Metode Latihan Sirkuit terhadap Keterampilan Memanah. Jurnal Gelanggang Olahraga , 150-157.

Kusuma, F. A., Darsono, & Pargito. (2015). Pembinaan Semangat Nasionalisme Siswa melalui Kegiatan Intrakulikuler dan Ektrakulikuler. Jurnal Studi Sosial ,1-10.

Kiram. (2001). Pengembangan Motivasi belajar gerak anak pada usia dini. Padang : FIK_UNP

Martha, A., & Arisman. (2019). Modifikasi pembelajaran Penjaskes di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Palembang. Jurnal Speed , 1-8.

Marzuan. ( 2017). Manajemen Extrakurikuler dan Kontribusinya terhadap Kecerdasan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Kota Sawahlunto. Al-Fikrah ,207-218.

Rahmatullah, M. (2016). Kemampuan Mengajar Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa.

Tanzhim Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan , 119-126.

Ridwan. (2005). Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: Alfabeta.

Rusli, Lutan. 2002. Menuju Sehat dan Bugar : Jakarta, Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas

Yuliati, L. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatlkan Kemampuan Mengajar CaLon Guru Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan , 32-40.
Published
2020-05-30
How to Cite
[1]
A. ARISMAN and A. Okilanda, “Pengembangan Diri Melalui Olahraga Panahan”, jm, vol. 5, no. 1, pp. 69-77, May 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.