Pengaruh Relaksasi Autogenic Training dan Progressive Muscle Relaxation Terhadap Hasil Shooting Sepak Bola di PSKC Kota Cimahi

  • Ruslan Rusmana STKIP Pasundan
  • Budiman Budiman STKIP Pasundan, Indonesia
  • Ricky Ferari STKIP Pasundan, Indonesia
Keywords: Relaksasi Autogenic Training, Progressive Muscle Relaxation, Shooting Penalty dan Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang peneliti temui dan rasakan dilapangan, di duga latihan mental progressive muscle relaxation dan autogenic training berpengaruh terhadap hasil shooting penalty sepak bola di PSKC Kota Cimahi. Jenis penelitian adalah eksperimen desain yang digunakan yaitu randomize pretest postest, populasi adalah pemain PSKC yang bermain di liga dua dan elite pro yang berjumlah 33 orang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling . teknik pengambilan data adalah dengan test hasil shooting penalty dengan kesempatan satu kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas pretest PMR 0,066, pretest AT 0,324 dan postest PMR 0,055 postest AT 0,333 kemudian di uji homogenitas bahwa kedua data diketahui dengan hasil data homogen dan hasil uji paired PMR dan AT memberikan pengaruh yang signifikan  dangan angka PMR 0,521 dan AT 4,392. Dengan hasil tidak terdapat perbedaan pengaruh antara PMR dan AT terhadap hasil shooting penalty sepak bola.

Published
2020-11-17
How to Cite
[1]
R. Rusmana, B. Budiman, and R. Ferari, “Pengaruh Relaksasi Autogenic Training dan Progressive Muscle Relaxation Terhadap Hasil Shooting Sepak Bola di PSKC Kota Cimahi”, jm, vol. 5, no. 2, pp. 173-181, Nov. 2020.
Abstract viewed = 145 times
PDF downloaded = 70 times