HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR RENANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kemampuan motorik terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Penjaskesrek FKIP Universitas PattImura Ambon pada tahun 2016. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data status gizi mahasiswa menggunakan Indeks Antropometri (BB/TB). Untuk kemampuan motorik menggunakan tes Barrow Motor Ability, sedangkan untuk prestasi belajar diambil dari nilai tes semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 51 mahasiswa.
Hasil analisis data menunjukkan, bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif antara status gizi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,53 dan koefisien determinasi sebesar 0,28 yang berarti bahwa jumlah kontribusi sebesar 28%. 2) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan motorik terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,54 dan koefisien determinasi sebesar 0,29 yang berarti bahwa jumlah kontribusi sebesar 29%. 3) terdapat hubungan yang positif antara sataus gizi dan kemampuan motorik terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang dengan koefisien korelasi Ry12 sebesar 0,46 dan koefisien determinasi sebesar 0,2116 atau 21,16%. Artinya status gizi dan kemampuan motorik memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang 21,16%.