HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR RENANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

  • Jonas Solissa Universitas Pattimura
Keywords: Status gizi, Kemampuan motorik, Prestasi Belajar Renang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara status gizi dan kemampuan motorik terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Penjaskesrek FKIP Universitas PattImura Ambon pada tahun 2016. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data status gizi mahasiswa menggunakan Indeks Antropometri (BB/TB). Untuk kemampuan motorik menggunakan tes Barrow Motor Ability, sedangkan untuk prestasi belajar diambil dari nilai tes semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling  sehingga diperoleh sampel berjumlah 51 mahasiswa.

Hasil analisis data menunjukkan, bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif antara status gizi  terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,53 dan koefisien determinasi sebesar 0,28 yang berarti bahwa jumlah kontribusi sebesar 28%. 2) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan motorik terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,54 dan koefisien determinasi sebesar 0,29 yang berarti bahwa jumlah kontribusi sebesar 29%. 3) terdapat hubungan yang positif antara sataus gizi dan kemampuan motorik terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang dengan koefisien korelasi Ry12 sebesar 0,46 dan koefisien determinasi sebesar 0,2116 atau 21,16%. Artinya status gizi dan kemampuan motorik  memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah renang 21,16%.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-25
How to Cite
[1]
J. Solissa, “HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR RENANG MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON”, jm, vol. 2, no. 1, pp. 65-73, Apr. 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.