Penerapan Media Audio -Visual dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar,Lompat Jauh Gaya Menggantung

Penerapan Media Audio -Visual dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar,Lompat Jauh Gaya Menggantung

  • Arisman arisman Stkip Pamane Talino
  • Ella Anugrarista 12Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Pamane Talino, Indonesia
Keywords: Long .Jump, Hanging .Style, Audio.-Visual Media

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan media audio-visual pada hasil belajar materi lompat jauh dengan gaya menggantung. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MAN Ngabang. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok diantaranya kelompok eksperimen pada kelas XI IPS2 serta kelompok kontrol pada kelas XI IPS1 yang mana masing-masing kelas berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian berupa penelitian eksperimen dengan variabel bebas berupa model .pembelajaran langsung melalui media audio visual dan variabel terikat berupa hasil belajar pada materi lompat jauh dengan gaya menggantung. Penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik berupa uji t melalui perhitungan komputerisasi. Hasil analisis memperlihatkan  untuk tingkat normalitas kelas eksperimen memperlihatkan nilai Sig= 0.057 > α =0.05 dengan distribusi normal dan kelas kontrol diperoleh nilai .Sig=0.128 > α =0.05 yang juga berarti sampel berdistribusi, normal. Untuk homogenitas kedua kelas memperlihatkan bahwa Sig=0.946 > α=0.05 sehingga dua kelas bersifat homogen. Setelah uji prasyarat, kemudian peneliti melakukan Uji t dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed)=0.11 ≤ ½ α=0.025, disimpulkan H0 ditolak, sehingga penggunaan model pembelajaran berbantu media audio.-.visual memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil dari belajar materi long jump pada siswa kelas XI MAN Ngabang.

Published
2020-10-27
How to Cite
[1]
A. arisman and E. Anugrarista, “Penerapan Media Audio -Visual dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar,Lompat Jauh Gaya Menggantung”, jm, vol. 5, no. 2, pp. 123-129, Oct. 2020.
Abstract viewed = 187 times
PDF downloaded = 88 times