Penerapan Media Audio -Visual dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar,Lompat Jauh Gaya Menggantung
Penerapan Media Audio -Visual dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar,Lompat Jauh Gaya Menggantung
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan media audio-visual pada hasil belajar materi lompat jauh dengan gaya menggantung. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MAN Ngabang. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok diantaranya kelompok eksperimen pada kelas XI IPS2 serta kelompok kontrol pada kelas XI IPS1 yang mana masing-masing kelas berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian berupa penelitian eksperimen dengan variabel bebas berupa model .pembelajaran langsung melalui media audio visual dan variabel terikat berupa hasil belajar pada materi lompat jauh dengan gaya menggantung. Penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik berupa uji t melalui perhitungan komputerisasi. Hasil analisis memperlihatkan untuk tingkat normalitas kelas eksperimen memperlihatkan nilai Sig= 0.057 > α =0.05 dengan distribusi normal dan kelas kontrol diperoleh nilai .Sig=0.128 > α =0.05 yang juga berarti sampel berdistribusi, normal. Untuk homogenitas kedua kelas memperlihatkan bahwa Sig=0.946 > α=0.05 sehingga dua kelas bersifat homogen. Setelah uji prasyarat, kemudian peneliti melakukan Uji t dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed)=0.11 ≤ ½ α=0.025, disimpulkan H0 ditolak, sehingga penggunaan model pembelajaran berbantu media audio.-.visual memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil dari belajar materi long jump pada siswa kelas XI MAN Ngabang.
Downloads
References
ahmad fujiyanto, Asep kurnia jayadinata, dadang kurnaia. (2016). No Title. Pena Ilmiah, 1(1), 842.
Ainina, I. ayu. (2014). No Title. IJHE, 3(42).
Alit, I. G. A. N. (2019). Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas Iii Semester I Tahun Pelajaran 2018/ 2019 Sd Negeri 22 Dauh Puri. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.932
Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://doi.org/979-692-956-2
Bakar, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Langsung Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Mamajang II Makassar. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation. https://doi.org/10.26858/sportive.v1i1.5242
Eko Mey Raharjo, A. R. I. S. (n.d.). Penerapan Media Audio Visual ( Video ) Terhadap Hasil Belajar Over Head Lob dalam Pembelajaran Bulutangkis ( Studi pada siswa SMP Negeri 26 Surabaya ) Aris Eko Mey Raharjo Gatot Darmawan Abstrak. 699–702.
Gumanti, A., Yudiar, ., & Syahruddin, . (2016). Metode penelitian pendidikan. In Jakarta : mitra wacana merdeka.
Jospiah, J. (2017). Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 025 Koto Sentajo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 563. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.5521
Kusnadi, A., Jasmani, S. P., Keolahragaan, F. I., Jasmani, S. P., & Keolahragaan, F. I. (2003). Pengaruh Penggunaan Media Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , ( Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krejengan Kabupaten Probolinggo ) Suroto. 831–836.
L, H., & Arsyad, M. N. (2015). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Jurnal Bionature.
Maijum. (2017).Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Modifikasi. Suara Guru, 3(3), 575.
Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612
Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. (2016). Jurnal Pesona Dasar.
Priyanto, A. (2011). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Gaya. 8(November).
Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.
Rima febriani. (2013). Pengembanagan Materi Atletik Melalui Permainan Atletik Three In One Untuk Siswa SD Kelas V. Unnes, 2(1), 194.
Rizal, Kurniawan, M. & S. (2014). Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas Iv Sdn Bibis 113 Surabaya Tahun Ajaran 2013-2014 Muhamat Rizal Kurniawan. Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas, 02(03), 559–563.
Rosmi, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri 003 Pulau Jambu. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4570
Sidi, J., & Mukminan, M. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9903
Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262
Trisna Rahayu, E. (2019). Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. MAENPO. https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.910.
Wilanda, R. agus. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Peristiwa Disekolah D. Jpgsd, 02(03), 3.