Pengaruh Gaya Mengajar dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Keterampilan Dasar Bermain Bulutangkis

  • Ade Zalindro Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Keterampilan Dasar Bermain Bulutangkis, Koordinas Mata-Tangan, Gaya Latihan, Gaya Inklusi

Abstract

Tujuan daripenelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh gaya mengajar yaitu gaya inklusi dan latihan terhadap keterampilan dasar bermain Bulutangkis. Penelitian ini dilakukanpada siswa SMPN 32 Padang, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 48 siswa dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 12 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0.05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya Latihan memberikan pengaruh yang lebih besardaripada gaya Inklusi dalampeningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis. (2) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis. (3) Pada koordinasi mata-tangan tinggi, gaya latihan memberikan pengaruh yang lebih besar daripada gaya inklusi untuk meningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis. (4) Pada koordinasi mata-tangan rendah, tidak terjadi perbedaan pengaruh yang berarti antara gaya latihan dengan gaya inklusi terhadap peningkatkan keterampilan dasar bermain bulutangkis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-03
How to Cite
[1]
A. Zalindro, “Pengaruh Gaya Mengajar dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Keterampilan Dasar Bermain Bulutangkis”, jm, vol. 2, no. 2, pp. 1-13, Nov. 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.