Evaluasi Pandangan Siswa Terhadap Aktifitas Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Selama Pembelajaran Daring

  • Muhammad Rakan Raihan 1Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Intan Ayu Idha Wulandari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Keywords: pendidikan fisik, olahraga, kesehatan, evaluasi, pembelajaran daring.

Abstract

Tujuan artikel ini yaitu memaparkan pokok bahasan dari beberapa jurnal penelitian yang memuat tentang evaluasi mengenai pandangan siswa terhadap pembelajaran dalam jaingan (daring) saat pandemi covid-19 khususnya pada mata pelajaran PJOK untuk siswa sekolah dasar. Metode yang dilakukan yaitu literatur review. Model evaluasi yang digunakan dalam review artikel ini yaitu analisis SWOT, yang mengindetifikasi keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap pembelajaran daring ini. Pandemi global telah memberikan beberapa dampak yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran di sekolah, penggunaan media/ teknologi sudah harus dapat dikuasai oleh tenaga pendidik, siswa dan otang tua. Salah satunya yaitu pada mata pelajaran PJOK yang pembelajarannya lebih dominan kearah praktik dari pada pembelajaran di kelas. Simpulan pada review artikel ini yaitu seluru perangakat sekolah di wajibkan menguasai teknologi walaupun hanya sedikit sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, akan tetapi pandangan siswa dan orang tua menganggap bahwa pembelajaran jarak jauh ini kurang efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuhammad, S. 2020. Barriers To Distance Learning During The Covid-19 Outbreak: A Qualitative Review From Parents’perspective. Journal Of Dept. Of Maternal And Child Health, 6(1).

Astiti, K. A. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Cv Andi Offset.

Budiwanto, S. 2015. Tes Dan Pengukuran Dalam Keolahragaan. Universitas Negeri Malang.

Chung, E., & Gettha, S. 2020. Online Learning Readiness Among University Students In Malaysia Amidst Covid-19. Asian Journal Of University Education, 16(2).

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. 2020. Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning In Covid-19 Pandemic Situation. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 7(6).

Dong, C., & Cao, S. 2020. Young Children’s Online Learning During Covid-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs And Attitudes. Journal Of Children And Youth Services Review, 118(1).

Febrianto, A. P. 2020. Level Kesegaran Jasmani Siswa Kelas Lima Sd Negeri 1 Dan 41 Kaurselatan. Jurnal Educative Sportive, 1(1).

Hakim, L., Arifin, A., & Irianto, T. 2020. Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Jadwaldan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar Di Kota Banjarbaru. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1).

Hamdani, A. R., & Priatna, A. 2020. Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online)Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasardi Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 6(1).

Hariadi, A. M. 2020. Persepsi Murid Terhadap Aktivitas Pjok Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 1(1).

Herguner, G., & Son, S. B. 2020. The Effect Of Online Learning Attitudes Of University Students On Their Online Learning Readiness. Turkish Online Journal Of Educational Technology, 19(1).

Hicks, A., & Goodman, J. 2021. Inequality In Household Adaptation To Schooling Shocks: Covid-Induced Online Learning Engagement In Real Time. Journal Of Public Economics, 193(1).

Jayul, A., & Irwanto, E. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajarpendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2).

Kesetyaningsih, T. W., Astuti, Y., & Noor, Z. 2020. Aktivitas Fisik Rutin Untuk Mencegah Penyakit Degeneratif Jurnal Berdikari, 8(2).

Kristiono, D. I., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. 2019. Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani,Kesehatan, Dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan, 4(2), 236.

Lasey, D., Ndraha, A., & Harefas, G. 2020. Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar Di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-1. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1).

Lucena, F. J., Belmonte, J. L., & Cabrera, A. F. 2020. Academic Effects Of The Use Of Flipped Learning In Physical Education. International Journal Of Environmental Researchand Public Health, 17(276).

Maftuhatin, L. 2014. Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Kelas Inklusifdi Sd Plus Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal Studi Islam, 5(2).

Manalu, R. B., & Nainggolan, A. P. 2020. Motivasi Siswa Kelas Xi Ipa 1 Dalam Mengikutipembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Onlinedi Sma Angkasa 1 Lanud Soewondo. Jurnal Penjakora, 7(2), 102–125.

Nisak, Z. 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2).

Palupi, T. N. 2020. Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sdm, 9(2).

Peerasak, K., Chaiyot, R., & Sumalee, C. 2015. A Development Of A Collaborative Blended Learning Model To Enhance Learning Achievement And Thinking Ability Of Undergraduate Students At The Institute Of Physical Education. Academic Journals, 10(15), 2168–2177.

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. 2013. Analisis Swot Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Mcdonald’s Ring Road). Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(4).

Roset, L., Green, K., & Thurston, M. 2020. Norwegian Youngsters’ Perceptions Of Physical Education: Exploring The Implications For Mental Health. Sport, Education And Society, 25(6).

Ruan, Y., & Xiao, Y. 2021. A Nearest-Neighbor Search Model For Distance Metric Learning. Journal Of Information Sciences, 552(1).

Samsiyah, N. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemi Corona (Kegiatan Belajar Dirumah Dalam Group Kelas 4 Mi As-Salam). Jurnal Ibtida’, 1(2).

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini. 2020. Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3).

Sumbodo, P. 2016. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Pada Siswa Kelas Xi Tsm Smk Murni 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusanpendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1).

Taqwimi, R. I., Winarno, M.E., & Roesdiyanto. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(3).

Wahyudi, A. N. 2020. Survei Aktifitas Fisik Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi STKIP Modern dalam Menjaga Kebugaran Selama Perkuliahan Daring Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi, 1(1).

Winarno, M.E. 2004. Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Center For Human Capacity Development.

Winarno, M.E. 2006. Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani & Olahraga. Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan, FIP Univ. Negeri Malang.

Wulan, E. R., & Rusdiana, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Zalsabela, M. P., Ningrum, P. P., & Yuliarisma, S. A. 2020. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perasaan Tertekan Pada Siswa Kelas Tujuh Smp Saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2).

Zhamardiy, V., Griban, G., & Shkola, O. 2020. Methodical System Of Using Fitness Technologies In Physical Education Of Students. International Journal Of Applied Exercise Physiology, 1(1).

Published
2023-04-28
How to Cite
[1]
M. Raihan and I. A. Idha Wulandari, “Evaluasi Pandangan Siswa Terhadap Aktifitas Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Selama Pembelajaran Daring”, jm, vol. 8, no. 1, pp. 66-80, Apr. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.