Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19

  • Wahyu Irfan Rojali Jurusan Penjas Fikes Universitas Jenderal Soedirman
  • Ngadiman Ngadiman Jurusan Penjas Fikes Universitas Jenderal Soedirman
  • Didik Rilastiyo Budi Jurusan Penjas Fikes Universitas Jenderal Soedirman
  • Panuwun Joko Nurcahyo Jurusan Penjas Fikes Universitas Jenderal Soedirman
  • Ayu Rizky Febriani Jurusan Penjas Fikes Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: CIPP, Pembelajaran Daring, PJOK

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran dari mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Brebes. Data dari penelitian ini adalah data pokok yang diperoleh dari hasil kuisioner oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan 32 SMA di kabupaten Brebes. Penelitian ini memiliki 2 kriteria tujuan yaitu secara umum dan khusus, yang mana untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PJOK di tinjau dari beberapa aspek, yaitu kontek, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan teori yang dicetuskan oleh Sugiyono (2012). Metode penelitian dari penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah evaluasi rekapitulasi dari 4 aspek dari guru yaitu 78.99% (baik) dan siswa 68% (cukup). Serta hasil evaluasi dari keseluruhan yaitu 73.5% (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran PJOK secara daring ternyata dapat dikategorikan dengan kesimpulan baik dengan prosentase 73.5%, namun aspek produk menjadi terendah. Sehingga aspek produk membutuhkan perbaikan dan pengingkatan serius dalam program pembelajaran PJOK secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, Didik Rilastiyo, Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. 11(Icsshpe 2018), 195–198. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56

Budi, Didik Rilastyo. (2015). Pengaruh Modifikasi Permainan Vobas dan Kebugaran Jasmani Terhadap Peningkatan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Penjas di SMP. Thesis.

Clemente, F., Rocha, R. F., & Korgaokar, A. (2012). Teaching physical education: the usefulness of the teaching games for understanding and the constraints-led approach. Journal of Physical Education and Sport, 12(4), 417.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fikri, A. & M. (2016). The Application of Game Models to Promote Student Participation in Learning Rounders Game Activities’,. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1).

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Khamidah, N., & Aprilia, N. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Jupemasi-Pbio, 1(1), 5–8.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Kusnandar, Friskawati GF, Kharisman, V.A., & Budi, D.R. (2021): Elementary student’s physical activity during pandemic Covid 19. Ann Trop Med & Public Health; 24(S03): SP24329. DOI:http://doi.org/10.36295/ASRO.2021.24329

Mendikbud R.I. (2020). Tentang Pemberlakuan Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Tentang Pemberlakuan Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Muhammad, H. N., & Budi, D. R. (2020). Bunga Rampai Strategi, Proses, Evaluasi, dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada era pandemi covid-19. Unesa University Press.

Ngelo, J. & Y. (2005). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontruktivisme untuk Meningkatkan Keefektifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sains pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005 di Sekolah Dasar No 2 Canggu Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., Budi, D. R., Ardha, M. A. Al, & Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Perbup Brebes. (2020). Peraturan Bupati Brebes Nomor 54 Pasal 8 Ayat 1 Tahun 2020 Tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Desease 2019 Di Kabupaten Brebes.

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Call For Paper & Pengabdian Masyarakat, 1(01).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Raibowo, Septian; Eko Nopiyanto, Y. (2020). PROSES BELAJARMENGAJARPJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. Journal STAND, 1, 49–55.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

RI, K. S. N. (2020). KEPRES Nomor 11 Tahun 2020 Tentang PENETAPAN KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19).

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66–71.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Stufflebeam, D. L. (2000). The CIPP model for evaluation. In Evaluation models (pp. 279–317). Springer.

Sudrajad, A. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Paramitra Publishing.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Alfabeta.

Wekke, I. S., & Saleh, A. M. (2020). Pembelajaran di Masa Pandemi: Tidak Hanya Metode Daring Saja.

Widowati, A., & Decheline, G. (2020). Modifikasi Senjata Anggar Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Lengan Pada Atlet Anggar Pemula. Physical Activity Journal, 2(1), 109. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3331

Widyoko, E. (209 C.E.). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Zhang, et al. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47, 5.

Published
2021-05-26
How to Cite
[1]
W. Rojali, N. Ngadiman, D. Budi, P. Nurcahyo, and A. Febriani, “Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19”, jm, vol. 6, no. 1, pp. 92-99, May 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.