Realisasi Masyarakat Hidup Sehat Melalui Komunitas Olah Raga Dan Sadar Gizi

  • Syamsuar Abbas Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Hidup Sehat, KomunitasOlah Raga, Sadar Gizi

Abstract

Pengabdian yang berorientasikan percepatan realisasi masyarakat hidup sehat melalui program komunitas olah raga dan sadar gizi di Kabupaten Padang Pariaman. Percepatan ini dilakukan dengan membangun komunitas olah raga dan sadar gizi di setiaap kecamatan di Kabupten Padang Pariaman untuk melaksanakan kegiatan olah raga pagi bersama dan penyuluhan gizi masyarakat bekerja sama dengan Posyandu kecamatan. Program ini dipelopori oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang untuk memberikan pendampingan pembangunan komunitas olah raga di tiga desa Nagari Pauh Kamba kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman Tujuan pengabdian ini adalah  1) membangun komunitas olah raga dan mengaktifkan kegiatan sadar gizi di Nagari Pauh Kamba dengan melatih kader-kader komunitas untuk terjun sebagai pendampingan memberikan penyuluhan olah raga dan gizi bagi kesehatan 2) Mensinergikan peranan komunitas olah raga dan posyandu melalui sadar gizi untuk merealisasikan percepatan masyarakat hidup di Kabupaten Padang Pariaman. 3) membangun sistem penguatan komunitas olah raga dan sadar gizi melalui kebijakan lintas komunitas di Sumatera Barat. Metode pengabdian ini adalah Community Based Research yang pilot projeknya dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Projek dilaksanakan selama 3 bulan membangun komunitas olah raga dan sadar gizi di tiga Desa Rimbo Dulang-Dulang, Desa Bayur dan Desa Pinang Nagari Pauh Kamba kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Hasil pengambdian kepada masyarakat didapatkan  bahwa program penyuluhan dan pendampingan olah raga dan sasdar gizi di tiga desa yaitu Desa Rimbo Dulang-Dulang, Desa Bayur dan Desa Pinang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berolah raga terutama aktivitas senam sehat. Ini terbukti dari kegiatan yang dilaksanakan di tiga desa tersebut, antusias warga sangat tinggi sehingga jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai 85 orang. Pilot projek tahun pertama ini telah mampu meningkatkan kesadaran berolah raga dan sadar gizi bagi masyarakat di Nagari Pauh Kamba Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Hal ini terlihat dari  perbandingan tingkat kesadaran berolah raga dan gizi keluarga seimbang rata-rata sebelum mengikuti kegiatan (7.5%) meningkat menjadi (90%) setelah mengikuti kegiatan. Terjadi kenaikan signifikan tingkat kesadaran berolah raga dan pengetahuan gizi seimbang masyarakat Pauh Kamba dengan nilai a=0.000 < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-20
How to Cite
[1]
S. Abbas, “Realisasi Masyarakat Hidup Sehat Melalui Komunitas Olah Raga Dan Sadar Gizi”, jm, vol. 2, no. 2, pp. 80-88, Oct. 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.