Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakulikuler Pencak Silat Di SMA Negeri 2 Soppeng
Abstract
Tingkat kesegaran jasmani sangat dibutuhkan setiap siswa. Untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani perlu diadakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa ekstrakurikuler Pencak Silat Siswa SMA Neger 2 Soppeng. Jenis penelitiannya adalah penelitian deksriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Soppeng. Populasi diambil dari keseluruhan siswa ekstrakurikuler pencak silat berjumlah 20 orang. Sedangkan sampel diambil dari siswa ekstrakurikuler pencak silat berusia antara 16-19 tahun, sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampelnya mengunakan ’tehnik purposive sampling’. Hasil analisis statistik deskriptif data raw score Total kecepatan lari 60 meter yang diperoleh adalah 245,97 detik dengan median 8,05 detik dan modus 7,20 detik. Hasil analisis statistik deskriptif data raw score Total kemampuan pull up selama 60 detik yang diperoleh adalah 276 poin dengan median sembilan poin dan modus sembilan poin. Hasil analisis statistik deskriptif data raw score Total kemampuan sit up selama 30 detik yang diperoleh adalah 604 poin dengan median 21 poin dan modus 22 poin. Hasil analisis statistik deskriptif data raw score Total kemampuan vertical jump yang diperoleh adalah 1563 centimeter dengan median 51,50 centimeter dan modus 50 centimeter. Hasil analisis statistik deskriptif data raw score Total kemampuan lari 1200 meter yang diperoleh adalah 203,15 menit dengan median 6,42 menit dan modus 6,42 menit. Dari hasil analisis dijelakan tingkat kesegaran jasmani pada siswa SMA Negeri 2 Soppeng dalam ketegori sedang.
Downloads
References
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1-15.
Parma, R., Hudayani, F., & Asnaldi, A. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi. Jurnal MensSana, 7(1), 31-38.
Rosdiani, D., 2013. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Alfabeta, Bandung.
Saebani, B.A., 2015. Filsafat Ilmu Dan Metode Penelitian. CV Pustaka Setia, Bandung.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sukestiyarno, 2013. Statistika Dasar. C.V Andi Offset, Yogyakarta.
Yulifri, D., Asnaldi, A., & Umar, A. (2019). Study of Motor Ability in Grade V Students of Elementary Schools 03 Ikur Koto. Jurnal MensSana, 4(2).
Winarto, M.E., 2013. Metodelogi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Malang (UM Press), Malang.
Copyright (c) 2023 Jurnal MensSana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.