Survei Kondisi Psikologis Siswa Saat Melaksanakan Pembelajaran Penjas Berbasis Online Selama Covid-19

Survei Kondisi Psikologis Siswa Saat Melaksanakan Pembelajaran Penjas Berbasis Online Selama Covid-19

  • Ervan Kastrena Universitas Suryakancana
  • Doni Romadhan Universitas Suryakancana
  • Goesti Sabda Laksana Universitas Suryakancana
  • Edi Setiawan Universitas Suryakancana http://orcid.org/0000-0001-7711-002X
Keywords: Kondisi Psikologis, Penjas, Online, Covid-19

Abstract

Melihat penyebaran COVID-19 yang saat ini semakin luas di Indonesia dan menyebabkan dampak yang negatif bagi siswa menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan survey tentang psikologis siswa saat melakukan pembelajaran penjas berbasis online. Metode yang dterapkan dalam penelitian ini berupa deskriptif survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMP PGRI 1 Ciawi yang berjumlah 30 orang dengan penggunaan sampling jenuh dengan demikian sampel yang digunakan berjumlah 30 orang. Instrumen untuk mengukur motivasi, kecemasan dan sikap tanggung jawab menggunakan angket. Analisis data menggunakan bantuan Ms. Excel 2010 untuk mencari nilai rata-rata, frekuensi, persentase dari masing-masing variabel. Temuan pertama dalam penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar dari siswa termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan nilai rata-rata persentase 78.89%. Temuan kedua dalam penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab belajar dari siswa termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai rata-rata persentase 68.89%. Temuan terakhir dalam penelitian ini menunjukan bahwa kecemasan dari siswa saat belajar penjas termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai rata-rata persentase 62.22%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa aspek psikologis siswa yang meliputi motivasi, tanggung jawab dan kecemasan memiliki tingkat yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, E. F., Setiawan, E., Kastrena, E., Jumareng, H., Rahadian, A., Patah, I. A., & Gani, R. A. (2021). Physical education curriculum model: Can FEM and SEM create participation in physical activity and enjoyment?. Journal Sport Area, 6(3), 286-295. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).685

Carbonero, Miguel A et al. (2017). Program to Promote Personaland Social Responsibility in the Secondary Classroom.Educational Psychology,a section of the journal Frontiers in Psychology.Volume 8 | Article 809.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dewantara, J.A & Nurgiansah, (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 367-375.

Fitriyani, Y., Fauzi, I & Sari, M.Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 6(2).

Jumareng, H., Setiawan, E ., Patah, I. A., Aryani, M., Asmuddin & Gani, R.A. (2021). Online Learning and Platforms Favored in Physical Education Class during COVID-19 Era: Exploring Student’ Perceptions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 11 - 18. DOI: 10.13189/saj.2021.090102

Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur, L. (2020). Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli saat Situasi COVID-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1

Kaufmann, R., & Vallade, J. (2020). Exploring connections in the online learning environment: student perceptions of rapport, climate, and loneliness. Interactive Learning Environments, 1-15.

Komarudin (2013). Psikologi Olahraga. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Sma/Smk Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Lindasari, Sri Wulan, dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologi Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal JNC, Vol 4(2), Hal.130-137

Luceño-Moreno, L., Talavera-Velasco, B., García-Albuerne, Y., & Martín-García, J. (2020). Symptoms of Posttraumatic Stress, Anxiety, Depression, Levels of Resilience and Burnout in Spanish Health Personnel during the COVID-19 Pandemic. International journal of environmental research and public health, 17(15), 5514. https://doi.org/10.3390/ijerph17155514

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454

Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estudos de Psicologia (Campinas), 37

Mazza, C., Ricci, E., Biondi, S., Colasanti, M., Ferracuti, S., Napoli, C., & Roma, P. (2020). A Nationwide Survey of Psychological Distress among Italian People during the COVID-19 Pandemic: Immediate Psychological Responses and Associated Factors. International journal of environmental research and public health, 17(9), 3165. https://doi.org/10.3390/ijerph17093165

Nufus, A.S & Pertiwi, L.D. (2021). Hubungan Tanggung Jawab Anak dan Tugas Sekolah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 13, No 2.

Severinsen, G. (2014). Teachingpersonal and social responsibility tojuniors through physical education.Asia-Pacific Journal of Health,Sport and Physical Education, 5(1),83–100.https://doi.org/10.1080/18377122.2014.867793

Septiani, C. V., & Hidayat, T. (2021). Motivasi Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK secara Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(8). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanjasmani/issue/archive445https://ejournal.unesa.ac.i d/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Suhada, S., Gustiawati, R., & Abduloh, A. (2022). Analisis Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Dari Rumah Di SMA/SMK Kecamatan Cibuaya. Jurnal Patriot, 3(4), 428-435. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.814

Yulianingsih, I., & Parlindungan, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Olahraga terhadap Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 31-46. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1467

Published
2022-07-12
How to Cite
[1]
E. Kastrena, D. Romadhan, G. Laksana, and E. Setiawan, “Survei Kondisi Psikologis Siswa Saat Melaksanakan Pembelajaran Penjas Berbasis Online Selama Covid-19”, jm, vol. 7, no. 1, pp. 71-79, Jul. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.