Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Pendidikan Jasmani: Pembelajaran Hybrid Solusinya?

Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Pendidikan Jasmani: Pembelajaran Hybrid Solusinya?

  • Hari Wisnu Universitas Negeri Surabaya
  • Taufiq Hidayat Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Spto Wibowo Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya
  • Edi Setiawan Universitas Suryakancana http://orcid.org/0000-0001-7711-002X
Keywords: Pembelajaran Hybrid, Motivasi, Pendidikan Jasmani, One-Shot Case Study

Abstract

Penurunan motivasi siswa dalam belajar pendidikan jasmani di era saat ini menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran hybrid terhadap motivasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani. Jenis pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen dan desain One-Shot Case Study.  Subyek dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas VIII-C SMP Negeri 20 Surabaya dan teknik untuk penentuan sampel menggunakan total sampling, sehingga terpilih 44 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas melalui Shapiro-Wilk. Wilcoxon untuk menguji perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran hybrid. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan motivasi siswa dikarenakan efek dari pembelajaran hybrid dalam pelaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran hybrid dapat menjadi solusi bagi guru pendidikan jasmani sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, C. P. E. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, 27–52.

Agustan, B., Kusmaedi, N., Hendrayana, Y., Abduljabar, B., & Ginanjar, A. (2020). Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 157–172. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14005

Ardiansyah, A., Yusmawati, & Wasan, A. (2022). Pengaruh model teaching personal and social responsibility (TPSR) berbasis hybrid dan online learning serta tanggung jawab terhadap aktivitas fisik. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 139–153. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.96

Arfenda, S. E. (2020). Penerapan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pjok Di Sma. Seminar Nasional Keolahragaan, (2013), 1–3.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aru Fantiro, F., Arifin, B., Muzakki, A., & Setiawan, E. (2022). Blended learning or full online: Increase student mood and motivation during the new normal era. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(1), 13-28. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i1.17507

Asyrofi, M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.

Banat, A., & Martiani. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Penjas Menggunakan Media Google Classroom Melalui Hybrid Learning Pada Pembelajaran Profesi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 119. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20147

Brian, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended learning: Definition, models, implication for higher education. Educational Sciences, 8(2), 24–32.

Cremers, P. H., Wals, A. E., Wesselink, R., & Mulder, M. (2016). Design principles for hybrid learning configurations at the interface between school and workplace. Learning Environments Research, 19(3), 309–334.

Fahrijal, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Hybrid. PRISMA, 11(1), 177–192.

Gil-Arias A, Harvey S, Cárceles A, Práxedes A, Del Villar F (2017) Impact of a hybrid TGfU-Sport Education unit on student motivation in physical education. PLoS ONE 12(6): e0179876. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0179876

Goodyear, P. (2020). Design and co-configuration for hybrid learning: Theorising the practices of learning space design. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1045–1060. https://doi.org/10.1111/bjet.12925.

Hall, S., & Villareal, D. (2015). The hybrid advantage: Graduate student perspectives of hybrid education courses. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 27(1), 69–80.

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430

Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7.

Jaya, I. K. O. P., Yoda, I. K., & Swadesi, I. K. I. (2021). Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP. Jurnal Penjakora, 8(September), 151–158.

Jumareng, H., Setiawan, E., Patah, I. A., Aryani, M., Asmuddin, Gani, R. A.(2021). Online Learning and Platforms Favored in Physical Education Class during COVID-19 Era: Exploring Student’ Perceptions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 11 - 18. DOI: 10.13189/saj.2021.090102.

Jumareng, H., Setiawan, E., Budiarto, B., Kastrena, E., Patah, I., & Gani, R. (2021). Analisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran online pada kelas pendidikan jasmani selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 24-32. doi:https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.34322

Jumareng, H., Setiawan, E., Asmuddin, A., Rahadian, A., Gazali, N., & Badaruddin, B. (2022). Online Learning for Children with Disabilities During the COVID-19: Investigating Parents' Perceptions. The Qualitative Report, 27(2), 591-604. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.4926

Karabulut-Ilgu, A., & Jahren, C. (2016). Evaluation of hybrid learning in a construction engineering context: A mixed-method approach. Advances in Engineering Education, 5(3).

Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur, L. (2020). Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli saat Situasi COVID-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1

Kresse, W., & Watland, K. H. (2016). Thinking outside the box office: Using movies to build shared experiences and student engagement in online or hybrid learning. Journal of Learning in Higher Education, 12(1), 59–64.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). The Importance of Study Skills in the 21st Century as Demands in Human Resource Development. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mumford, S., & Dikilitaş, K. (2020). Pre-service language teachers reflection development through online interaction in a hybrid learning course. Computers & Education, 144.

Nissim, Y., Weissblueth, E., Webber, L. S., & Amar, S. (2016). The effect of a stimulating learning environment on pre-service teachers’ motivation and 21st century skills. Journal of Education and Learning, 5(3). https://doi.org/doi:10.5539/jel.v5n3p29

Olivotti, D., Passlick, J., Axjonow, A., Eilers, D., & Breitner, M. H. (2018). Combining machine learning and domain experience: a hybrid-learning monitor approach for industrial machines. International Conference on Exploring Service Science.

Osborne, J. (2013). The 21st century challenge for science education: assessing scientific reasoning. Journal Thinking Skills and Creativity, 10, 265– 279.

Panyajamorn, T., Suanmali, S., Kohda, Y., Chongphaisal, P., & Supnithi, T. (2018). Effectiveness of e-learning design in Thai public schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 15(1), 1–34.

Purmadi, A., & Hadi, M. S. (2018). Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi …, 135–140. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5467

Raes, A., Detienne, L., Win dey, I., & Depaepe, F. (2020). A systematic literature review on synchronous hybrid learning: gaps identified. Learning Environments Research, 23(3), 269–290.

Rahadian, A., Setiawan, E., Jumareng, H., Kastrena, E & Gani, R.A. (2021). Inklusi Berbasis Blended Learning Bagaimana Efeknya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa Disabilitas?, jm, vol. 6, no. 2, pp. 154-163, Oct. 2021.

Rorimpandey, W.H.F & Midun, Hendrikus. (2021). Effect of Hybrid Learning Strategy and Self-Efficacy on Learning Outcomes. Journal of Hunan University, Natural Sciences, 48(8).

Seok, S. (2008). Teaching aspect on e-learning. International Journal on E-Learning, 7(4), 725–741.

Setiawan, E., Jumareng, H., Kastrena, E., Juliantine, T., & Gani, R. (2021). Learning Media Needs in the COVID-19 Era: Development of Textbooks for Learning Model Courses in Physical Education. Sport Science, 21(2), 77-87. https://doi.org/10.24036/JSOPJ.63

Setiawan, E., Jumareng, H., Aryani, M., & Kastrena, E. (2021). Teaching Personal Social Responsibility Versus Konvensional sebagai Upaya Menciptakan Good Character Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan di Tingkat Universitas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 104-114. https://doi.org/10.5281/zenodo.4424224

Setiawan, E., Gani, R.A., Winarno, M.E., Jumareng, H & Asnaldi, A. (2021). Student Morale Increase After The Blended-Based Tpsr Program During The Covid-19 Era?. 5(1),51-63 DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i1p51-63

Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shen, Y.; Shao, W. (2022). Influence of Hybrid Pedagogical Models on Learning Outcomes in Physical Education: A Systematic Literature Review. Int. J. Environ. Res. Public Health 2022, 19, 9673. https:// doi.org/10.3390/ijerph1915967

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sulthoniyah, I., Afianah, V. N., Afifah, K. R., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Hybrid Learning dan Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2466–2476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2379

Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. Teorema, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1071

Zhurakovskaya, V., Sichinava, A., Simakova, T., Olicheva, O., Rykov, S., Valeeva, J., Ilyashenko, S. (2020). Innovations in education—the development of a new pedagogical technology of a combinational type, focused on the development of personality of students. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–14. https://doi.org/10.3390/joitmc6040123

Purba, R.A (2022). Hybrid Models with Technology: Is it Effective for Learning in Abnormal Situations?. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 1-9

Published
2022-11-14
How to Cite
[1]
H. Wisnu, T. Hidayat, H. Muhammad, S. Spto Wibowo, M. Ridwan, and E. Setiawan, “Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar Pendidikan Jasmani: Pembelajaran Hybrid Solusinya?”, jm, vol. 7, no. 2, pp. 100-107, Nov. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.