Model Pembelajaran: Karakteristik, Kelemahan Dan Bagaimana Dampak Terhadap Pendidikan Jasmani?

Keywords: Model, Problem based learning, Discovery learning, Pendidikan jasmani

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam penentu keberhasiln pembelajaran dalam pendidikan jasmani di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dalam hal karakteristik, kelemahan dan bagaimana dampaknya terhadap proses pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature riview. Pengumpulan data untuk literature riview dilakukan dengan alat pencarian data based Google Scholar sebagai sumber utama dalam mencari artikel dengan kata kunci model problem based learning dan discovery learning dalam pendidikan jasmani dimasa pandemi COVID-19. Hasil pencarian berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi maka dari 38 artikel hanya 17 artikel yang akan dianalisis. Hasil temuan pertama dalam penelitian ini menunjukan bahwa kedua model antara problem based learning dan discovery learning memiliki karakteristik pada pembelajaran yang mengharuskan mahasiswa aktif untuk memecahkan sebuah permasalahan dalam kegiatan belajar, temuan kedua menunjukan bahwa kelemahan dari problem based learning dan discovery learning adalah manakala mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran maka hasil belajar yang diperoleh akan kurang optimal dan membutuhkan durasi waktu yang lama, temuan ketiga menunjukan bahwa dampak dari kedua model pembalajaran berdasarkan hasil analisis artikel terhadulu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa problem based learning dan discovery learning memiliki karakteristik, kelemahan dan dampak yang positif dalam pembelajaran pendidikan jasmani selama krisis pandemi COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhie, O. C. (2020). the Effectiveness of Problem-Based Learning Approach in the Teaching of Hang Style Long Jump. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(2), 24–30. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v13i2.1152

Amalia, G. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 424–431. https://doi.org/10.5281/zenodo.3977422

Beti Istanti Suwandayani, Kuncahyono, & Anggraini, A. E. (2021). Pola Implementasi Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendikia, 05(02), 2013–2015.

Festiawan, R., Hooi, L. B., Widiawati, P., Yoda, I. K., S, A., Antoni, M. S., & Nugroho, A. I. (2021). The Problem-Based Learning: How the effect on student critical thinking ability and learning motivation in COVID-19 pandemic? Journal Sport Area, 6(2), 231–243. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(2).6393

Goad, T., & Jones, E. (2017). Training Online Physical Educators: A Phenomenological Case Study. Education Research International, 2017, 1–12. https://doi.org/10.1155/2017/3757489

Haqqy, S. M., Imansyah, F., & Hermansah, B. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pjok Di Smp Negeri 2 Muara Enim Pada Masa Pandemi COVID-19. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(2), 123–131.

Hendrix, E., Rahmadi, & Mulhim. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(3), 136–142.

Hyndman, B. (2021). Unlocking the Discovery Threshold: Active Exploration in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 92(3), 26–33. https://doi.org/10.1080/07303084.2020.1866718.

Jumareng, H., Setiawan, E., Patah, I.A., Aryani, M., Asmuddin & Gani, R.A. (2021). Online Learning and Platforms Favored in Physical Education Class during COVID-19 Era: Exploring Student' Perceptions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 11 - 18. DOI: 10.13189/saj.2021.090102.

Jumareng, H., Setiawan, E., Asmuddin, A., Rahadian, A., Gazali, N., & Badaruddin, B. (2022). Online Learning for Children with Disabilities During the COVID-19: Investigating Parents' Perceptions. The Qualitative Report, 27(2), 591-604. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.4926

Kırbaş, Ş. (2020). The Views of Physical Education and Sports Teaching Instructors on Education in the COVID-19 Period. Journal of Education and Learning, 9(6), 196. https://doi.org/10.5539/jel.v9n6p196

Laar, R. A., Ashraf, M. A., Ning, J., Ji, P., Fang, P., Yu, T., & Khan, M. N. (2021). Performance, health, and psychological challenges faced by students of physical education in online learning during covid-19 epidemic: A qualitative study in China. Healthcare (Switzerland), 9(8). https://doi.org/10.3390/healthcare9081030

Magdalena, I., Ramadhanty, S., & Sarah. (2022). Analisis Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Kalideres 06 Pagi di Era COVID-19. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 166–182.

Messakh, S. T., Utomo, B., & Rohman, F. (2021). Evaluation On The Implementation Of Study On Physical, Sport And Health In The Pandemic Time Covid-19 At Smp Negeri Se-Kota Salatiga Tapel 2020/2021. Physical Education, Health and Recreation, 5(2), 2013–2015.

Mile, S., & Ruslan, R. (2021). Discovery learning untuk Meningkatkan Dribble Bolabasket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 33–39. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/33587%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/download/33587/19637

Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 68–73. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nurhadi Santoso, Cahyo, A. D., & Wiyanto, A. (2021). Sports and health physical education issues in online learning during the covid-19 pandemic in madrasah ibtidaiyah 5 north Lampung. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(3), 494–507. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Osipov, A. Y., Ratmanskaya, T. I., Zemba, E. A., Potop, V., Kudryavtsev, M. D., & Nagovitsyn, R. S. (2021). The impact of the universities closure on physical activity and academic performance in physical education in university students during the COVID-19 pandemic. Physical Education of Students, 25(1), 20–27. https://doi.org/10.15561/20755279.2021.0103

Prayoga, M. F. (2021). Problem Based Learning (PBL): Bagaimana penerapannya dalam pembelajaran teknik passing bolavoli? Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 21–26.

Putra, W. A., & Damanik, S. A. (2021). Implementasi Pembelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prestasi, 5(2), 59. https://doi.org/10.24114/jp.v5i2.28857

Rizki, M., Maulana, A., Prasetyanto, D., & Widianto, B. W. (2021). Intensi Aktivitas Dan Perjalanan Masyarakat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Berdasarkan Survei Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Transportasi, 21(1), 45–54. https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i1.4828.45-54

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sholihah, F. N., & Fadlilah, L. R. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Berbasis Discovery Learning melalui Pembelajaran Daring pada Materi Bioteknologi Konvensional. Exact Papers in Compilation (EPiC), 2(1), 124–132. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/epic/article/view/548

Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 6(1), 94. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n1.p94-106

Webster, C. A., D’Agostino, E., Urtel, M., McMullen, J., Culp, B., Egan Loiacono, C. A., & Killian, C. (2021). Physical education in the COVID era: Considerations for online program delivery using the comprehensive school physical activity program framework. Journal of Teaching in Physical Education, 40(2), 327–336. https://doi.org/10.1123/JTPE.2020-0182

Winangun, I. M. A., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Inovatif Dimasa Pandemi Covid-19. CARAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.

Yu, J., & Jee, Y. (2021). Analysis of online classes in physical education during the covid-19 pandemic. Education Sciences, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI11010003.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi COVID- 19. Guru Kita, 4(3), 51–58.

Published
2022-11-14
How to Cite
[1]
H. Muhammad and E. Setiawan, “Model Pembelajaran: Karakteristik, Kelemahan Dan Bagaimana Dampak Terhadap Pendidikan Jasmani?”, jm, vol. 7, no. 2, pp. 108-117, Nov. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.