Mengungkap Tren dan Efek Media Pembelajaran di Kelas Pendidikan Jasmani Berbasis Online: Systematic Literature Review
Mengungkap Tren dan Efek Media Pembelajaran di Kelas Pendidikan Jasmani Berbasis Online: Systematic Literature Review
Abstract
Media pembelajaran yang digunaan saat pembelajaran online dimasa pandemi COVID-19 merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam belajar di kelas pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran melalui Systematic Literature Review pada artikel yang sudah dipublikasikan mengenai media pembelajaran yang digunakan dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini termasuk ke dalam metode Systematic Literature Review with Preferred Reporting Item for Systematic Reviews and Meta-Analytic. Data based yang digunakan dalam pencarian artikel di jurnal terakreditasi Sinta adalah Google Scholar. Artikel yang dicari berdasarkan kata kunci yaitu media pembelajaran dalam pendidikan jasmani dan kemudian di screening yang mengacu kepada kriteria inklusi dan esklusi dan dari 30 artikel hanya 7 yang digunakan sebagai sumber utama dalam penelitian ini. Hasil temuan pertama dalam penelitian ini menunjukan bahwa tren media pembelajaran yang sering digunakan dalam kelas pendidikan jasmani adalah e-learning, audio visual, power point atau pun dalam bentuk media video, temuan kedua dalam penelitian ini menunjukan bahwa dampak positif ditimbulkan oleh penggunaan media pembelajaran terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani berbasis online selama krisis pandemi COVID-19.
Downloads
References
Anwar, M. B., & Wibowo, S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Pjok Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Siswa Smp Di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 27–45. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/42154
Apriyanto, R., & Adi, S. (2021). Effectiveness Of Online Learning and Physical Activities Study In Physical Education During Pandemic Covid 19. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.33369/jk.v5i1.14264
Arita, D., Br, M., Bayu, A., & Nandiyanto, D. (2022). Clean Living Culture through Online Learning Using Digital Media for Junior High School Students. International Journal of Research and Applied Technology, 2(1), 100–107.
Aryanti, S., Victorian, A. R., Solahuddin, S., & Azhar, S. (2022). Testing Media Products Using Videos For Learning. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(74), 17–22.
Arifin, B., Saputra, S. Y., Muzakki, A., Setiawan, E., & Jumareng, H. (2022). Increase Students’ Self-Confidence and Reduce Anxiety During Covid-19: Is Coping Strategy Becomes the Solution? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4171–4180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2456
Asprizal, M., Resita, C., & Aminudin, R. (2022). Pengaruh Media Musik Remix Terhadap Minat Siswa Dalam Materi Senam Ritmik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sman 13 Depok. Jurnal Speed (Sport, Physical Education And Empowerment) / Art, 5, 63–78.
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806
Centeio, E., Mercier, K., Garn, A., Erwin, H., Marttinen, R., & Foley, J. (2021). The success and struggles of physical education teachers while teaching online during the COVID-19 pandemic. Journal of Teaching in Physical Education, 40(4), 667–673. https://doi.org/10.1123/JTPE.2020-0295
Fahruddin, Jana, P., Setiawan, J., Rochmat, S., Aman, Dwi, R., … Aria. (2022). Student Perception of Online Learning Media Platform During the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Technology, 6(1), 126–132.
Gandasari, M. F., & Jipido. (2021). Analisis Persiapan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Secara Daring Pada Masa Pandemi Di Smpn 2 Ngabang Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 237–262. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3244
González-Calvo, G., Barba-Martín, R. A., Bores-García, D., & Hortigüela-Alcalá, D. (2022). The (virtual) teaching of physical education in times of pandemic. European Physical Education Review, 28(1), 205–224. https://doi.org/10.1177/1356336X211031533
Hammami, A., Harrabi, B., Mohr, M., & Krustrup, P. (2020). Physical activity and coronavirus disease 2019 (COVID-19): specific recommendations for home-based physical training. Managing Sport and Leisure, 0(April), 1–6. https://doi.org/10.1080/23750472.2020.1757494
Howley, D. (2021). Experiences of teaching and learning in K-12 physical education during COVID-19: an international comparative case study. Physical Education and Sport Pedagogy, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/17408989.2021.1922658
Hudah, M., Widiyatmoko, F. A., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. Jurnal Porkes, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2904
Jumareng, H., Setiawan, E., Patah, I. A., Aryani, M., Asmuddin, & Gani, R. A. (2021). Online learning and platforms favored in physical education class during COVID-19 era: Exploring student’ perceptions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090102
Jumareng, H., Setiawan, E., Asmuddin, A., Rahadian, A., Gazali, N., & Badaruddin, B. (2022). Online Learning for Children with Disabilities During the COVID-19: Investigating Parents’ Perceptions. The Qualitative Report, 27(2), 591–604. https://doi.org/https://doi.org/10.46743/2160-3715/2022.4926
Kurniawan, Y., Subandowo, & Rohman, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Shooting Bola Basket dalam Pembelajaran PJOK Siswa MAN Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 231–236.
Maulidia, T. R., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap sikap kritis pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 206–214. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15686
Maulidya, A.N & Ridwan, M. (2021).Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Berpikir Kreatif Mata Pelajaran PJOK. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 11(2)
Moustakas, L., & Robrade, D. (2022). The Challenges and Realities of E-Learning during COVID-19 : The Case of University Sport and Physical Education. Challenges, 1–12.
Nesra Barus, J. B. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom Pada Matakuliah Atletik Lanjutan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 4(1), 8. https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17166
Pratama, D. N. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 5(3), 395–401.
Purwanto, Bustaram, I., & Fachrizi, A. R. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyrakat Desa Pragaan Laok Sosialisasi Bahaya Covid-19 Dan Protokol Kesehatan. HUMANISM, 2.
Rahman, T., Prasetyo, D. A., & Mashuri, H. (2021). The Impact Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic On Physical Education Teachers. Halaman Olahraga Nusantara, 4(Ii), 294–304
Rizki, M., Maulana, A., Prasetyanto, D., & Widianto, B. W. (2021). Intensi Aktivitas Dan Perjalanan Masyarakat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Berdasarkan Survei Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Transportasi, 21(1), 45–54. https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i1.4828.45-54
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Satyawan, I. M., Wahjoedi, W., & Swadesi, I. K. I. (2021). The Effectiveness of Online Learning Through Undiksha E-Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Technology, 5(2), 191. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.32364
Setiawan, E., Budiarto, & Afriyuandi, A. R. (2021). Korelasi Antara Physical Activity Dan Physical. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 192–201. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.2005
Susanto, E., Dimyati, D., Komarudin, K., & Purwanto, J. (2022). Different Responsibilities of Physical Education Teachers in Urban and Suburbs in Implementing Distance Learning. Proceedings of the Conference on Interdisciplinary Approach in Sports in Conjunction with the 4th Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (COIS-YISHPESS 2021), 43, 49–55. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.220106.009
Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian Literatur: Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Jasmani. Ournal of Sport Education (JOPE), 3(2), 63–74.
Vachkova, S. N., Vachkov, I. V., Klimov, I. A., Yu. Petryaeva, E., & Salakhova, V. B. (2022). Lessons of the Pandemic for Family and School— The Challenges and Prospects of Network Education. Sustainability (Switzerland), 14(4), 1–23. https://doi.org/10.3390/su14042087
Windiyani, T., Gani, R. A., & Sofyan, D. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Daring Pada Peserta Didik Diskalkulia. Jurnal Elementary, 5(1), 70–75.
Windary, & Rahayu, E, T. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Smash Permainan Bulu Tangkis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 2003–2005. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i2.3614
Yuda, A. K., Resita, C., Nurwansyah, R., Gani, R. A., Németh, Z., & Setiawan, E. (2022). Confidence, Academic Stress, Coping Strategies as Predictors of Student Academic Achievement in Physical Education Classes During Covid-19. Teorìâ Ta Metodika Fìzičnogo Vihovannâ, 22(2), 180–187. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.2.05
Copyright (c) 2022 Jurnal MensSana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.