Analisis Konsep Permainan Tradisional dan Implementasinya dalam Pendidikan Olahraga

Indonesia

  • Hilmy Aliriad Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia
Keywords: permainan tradisional, implementasi, pendidikan olahraga

Abstract

 

Permainan tradisional merupakan bagian dari warisan budaya dan tradisi suatu daerah yang mengandung nilai-nilai sosial, budaya, dan fisik. Dalam dunia pendidikan, permainan tradisional dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pendidikan olahraga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi permainan tradisional dalam pendidikan olahraga pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, Jawa Timur. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2023. Jumlah siswa yang setuju mengenai pengetahuan mereka tentang permainan tradisional adalah 18 siswa. Jumlah siswa yang setuju mengenai nilai implementasi permainan tradisional adalah 19 siswa. 17 siswa setuju mengenai perbedaan antara permainan tradisional dan modern dalam pendidikan olahraga. 20 siswa mengatakan bahwa mereka berpartisipasi aktif dalam permainan tradisional. 18 siswa menyatakan bahwa tanggapan siswa lain terhadap permainan tradisional sangat positif. Dan 20 siswa mengatakan bahwa implementasi permainan tradisional memberikan manfaat bagi pengembangan keterampilan dan memperkaya wawasan tentang budaya lokal. Simpulan Implementasi permainan tradisional dalam pendidikan olahraga memberikan manfaat positif bagi pengembangan siswa baik dalam hal keterampilan maupun pengetahuan tentang budaya lokal. Rekomendasi untuk langkah selanjutnya adalah untuk terus memperkenalkan permainan tradisional kepada siswa dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. W., Susandi, A., & Muhammad, D. H. (2021). Permainan tradisional sebagai sarana mengembangkan kemampuan fisik motorik anak dan nilai-nilai pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 33–44.

Alaska, A., & Hakim, A. A. (2021). Analisis Olahraga Tradisional Lompat Tali dan Engklek Sebagai Peningkat Kebugaran Tubuh di Era New Normal (Studi Literatur). Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.

Deswandi, F.-U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal MensSana, 3(1), 48–66.

Gustian, U. (2020). Permainan tradisional: suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215.

Hartanto, D., Kusmaedi, N., Ma’mun, A., & Abduljabar, B. (2021). Integrating social skills in traditional games with physical education interventions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(5), 921–928.

Hidayati, R., & Lestari, I. (2021). Permainan Tradisional Jawa Tengah dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 14–24.

Imroatun, I. (2014). Permainan Tradisional Sebagai Pembelajaran Kecakapan Sosial Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Sains Psikologi, 3(1).

Lubis, A. E., Fahmi, M., Mawardinur, M., Azandi, F., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Siswa SD di SDN 104202 Bandar Setia. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 165–171.

Martínez-Santos, R., Founaud, M. P., Aracama, A., & Oiarbide, A. (2020). Sports teaching, traditional games, and understanding in physical education: A tale of two stories. Frontiers in Psychology, 11, 581721.

Masrurin, S. (2021). Permainan Tradisional Hompimpa (Studi Nilai Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa). IAIN Ponorogo.

Muhammad, H. N., & Setiawan, E. (2022). Model Pembelajaran: Karakteristik, Kelemahan Dan Bagaimana Dampak Terhadap Pendidikan Jasmani? Jurnal MensSana, 7(2), 108–117.

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Musiandi, T., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Pebryawan, K. (2015). Engklek sebagai sarana pembelajaran yang asik di tengah permainan modern. Magistra, 27(92).

Putra, A., Tarsyad, N., & Sunarno, A. (2018). Permainan Tradisional Balapan Ban Sepeda Motor Bekas Untuk Materi Kebugaran Jasmani Siswa SD.

Rusmawati, I. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Gerak Dasar Motorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2).

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. UNISMA PRESS.

Subekti, N., Juhrodin, J., & Mulyadi, A. (2020). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 55–62.

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). The implementation of traditional games for early childhood education. 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018), 431–435.

Triprayogo, R., Anugrah, S. M., & Alexander, B. (2021). Kesadaran dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendukung Aktivitas Fisik Anak Usia Dini di Kota Cilegon Provinsi Banten. Jurnal MensSana, 6(2), 118–125.

Utomo, G. M. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2019 Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 197–202.

Published
2023-04-19
How to Cite
[1]
H. Aliriad, “Analisis Konsep Permainan Tradisional dan Implementasinya dalam Pendidikan Olahraga”, jm, vol. 8, no. 1, pp. 52-61, Apr. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.