Pengimplementasian Model Pembelajaran Team Games Tournament Sebagai Trigger Peningkatan Hasil Belajar PJOK
: Systematic Review
Abstract
Model pembelajaran kooperatif team games tournament atau TGT yang dilakukan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani yang merupakan salah satu faktor pendukung dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap materinya. Penelitian ini menggunakan model systematic review . Database pencarian artikel yang terpublikasi dan terindeks sinta pada google scholar . Artikel dicari berdasarkan dari kata kunci yaitu model TGT dan hasil belajar yang kemudian akan di screening sesuai dengan syarat yang tertera pada pencarian inklusi dan ekslusinya ditemukan database google scholar 144 artikel dan yang dapat dilakukan reviewhanya terdapat 10 artikel. Hasil dari beberapa temuan artikel yang di review menjelaskan bahwasanya pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan model team games tournament atau TGT memiliki peningkatan hasil belajar yang sangat baik dari berbagai materi diantaranya pada materi aktivitas kebugaran jasmani, materi bola voli, materi sepakbola, materi bola keranjang dan materi bola tangan mulai pada siswa sekolah menengah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah akhir.
Downloads
References
Astuti, N.F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195–218. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098
Casey, A., & Quennerstedt, M. (2020). Cooperative learning in physical education encountering Dewey’s educational theory. European Physical Education Review, 26(4), 1023–1037. https://doi.org/10.1177/1356336X20904075
Jeong, H.C., & So, W. . (2020). Difficulties of online physical education classes in middle and high school and an efficient operation plan to address them. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17197279
Luo, Y.J., Lin, M.L., Hsu, C.H., Liao, C.C., & Kao, C. C. (2020). The effects of team-game-tournaments application towards learning motivation and motor skills in college physical education. Multidisciplinary Digital Publishing Institute, 12(15), 1–12. https://doi.org/10.3390/su12156147
Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45.
Nissa, E.K., Susianti, E., & Purnamaningsih, I. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Penjas Kelas VII di SMP Negeri 5 Karawang Barat. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 8(11).
Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada SiswaKelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807
Piliana, I.W.W., Artanayasa, I.W., & Satyawan, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 108. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i2.29816
Pradana, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT dan Pembelajaran Berbasis Audiovisual Terhadap Passing Bawah Bolavoli. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 11(1), 71–85. https://doi.org/10.51675/jt.v11i1.16
Putra, R.A., Wahjoedi, & Spyanawati, N. L. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 108–116.
Ridwan, M., Royana, I.F., & Setyawan, D. A. (2020). Keefektifan Model Reciprokal Teaching Dan Teames Games Tournament Terhadap Hasil Passing Bawah Bola Voli. Journal for Lesson and …, 3(3), 346–354. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/28339
Rubiyanto, Perdana, R.P., Supriatna, E., Yanti, N., & Suryadi, D. (2023). Team Game Tournament (TGT)-type cooperative learning model: How does it affect the learning outcomes of football shooting? Indonesian Journal Of Physical Education, 4(1), 86–96.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010
Temiz, C.N., & Sivrikaya, A. H. (2023). Mind Map Technique in Physical Education: Development of Cognitive and Psychomotor Skills. Journal of Theoretical Educational Science, 16(1), 20–40. https://doi.org/10.30831/akukeg.1175006
Wardana, M.K.K., Adi, I.P.P., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola. Jurnal Penjakora, 7(2), 126. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.26403
Yahya, A.A., & Arham, S. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Pasing Bawah Permainan Bola Voli Siswa SMA Negeri 2 Bone. Jendela Olahraga, 6(1), 150–157. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6948
Yusuf, Rahayu, E.T., & Achmad, I. Z. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT Dalam Permainan Bolatangan Terhadap Kepribadian Siswa. Jurnal Speed (Olahraga, Pendidikan Jasmani, Pemberdayaan), 4(2), 138–148.
Copyright (c) 2023 Jurnal MensSana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.