Survei Minat dan Motivasi terhadap Olahraga Teqball
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat dan motivasi masyarakat terhadap olahraga teqball. Populasi penelitian ini masyarakat Jakarta yang mengikuti kegiatan “Sosialisasi Teqball” di Jakarta. Sampel dalam penelitian berjumlah 87 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data metode survei menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Metode analisis data yang digunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif persentase. Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh skor rata-rata untuk minat dengan hasil presentase faktor perhatian 74% yang tergolong tinggi, hasil presentase faktor fasilitas 76% kategori tinggi, hasil persentase faktor lingkungan/suasana 66% kategori tinggi dan hasil persentase faktor rasa tertarik 63% kategori tinggi. Selanjutnya dari hasil analisis deskriptif persentase diperoleh skor rata-rata untuk motivasi dengan hasil persentase faktor penghargaan/prestasi 65% kategori tinggi, hasil presentase faktor kebutuhan 74% kategori tinggi, hasil persentase faktor keuntungan 79% kategori tinggi dan hasil persentase faktor hubungan interpersonal 63% kategori sedang. Masyarakat memiliki minat yang tinggi (70%) dan memiliki motivasi yang tinggi (69%) terhadap olahraga teqball.
Kata Kunci: minat, motivasi, teqball
Downloads
References
Abdulaziz, M. F., Dharmawang, D. B., & Putri, D. T. (2016). Motivasi Mahasiswa terhadap Aktivitas Olahraga pada Sore Hari di Sekitar Area Taman Sutera Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(2), 113–120.
Acosta Ortega, J. A. (2020). Creación De Complejo Polideportivo En La Ciudad De Machala¨¨ Oro Sports. (Bachelor’s thesis).
Avendaño, Y. F. T., & Herreño, D. S. P. (2020). Plan de negocios para la creación de la organización recreo-deportiva Sala Di Calcio. Universidad Distrital Francisco José de Caldas, 5(3), 248–253.
Baiôa, M. (2021). Frederick von S. Um vinho aristocrático e biológico de Mértola. Diário do Alentejo. http://hdl.handle.net/10174/30276
Blegur, J., & Mae, R. M. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.16150
Gabor, K. (2015). A Teqball bevezetése Magyarországon. Budapesti Gazdasági Főiskola Külkereskedelmi Kar.
Garai-fodor, M. (2019). Values-Based Food Consumer Behavior Patterns Among the Z Generation in Terms of Health Nutrition. International Journal of Business and Administrative Studies, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.20469/ijbas.5.10001-2
Garamvölgyi, B., & Dóczi, T. (2021). Sport as a tool for public diplomacy in Hungary. Physical Culture and Sport. Studies and Research, 90, 39–49. https://doi.org/10.2478/pcssr-2021-0012
Graha, A. S., Talib, K. Bin, Yuniana, R., Martono, M., Apriyanto, K. D., & Perdana, S. (2022). Interest and motivation of Indonesian and Malay students in the implementation of sports injury therapeutic massage. Jurnal Keolahragaan, 10(2), 274–281. https://doi.org/10.21831/jk.v10i2.51953
Hanim, M. I. J. (2021). Bergerak Aktif Dan Ceria Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Permainan Pickleball. 27(2015), 200–207.
INATEQ. (2020). INATEQ Newsletter. 01, 1–8. www.teqballindonesia.org indonesianteqball
INATEQ. (2023). Indonesia Teqball. https://inateq.id/sejarah/
Jesus, O. Q. de. (2016). Relatório do Estágio de Educação Física Realizado na Escola Básica e Secundária Dr. Ângelo Augusto da Silva. Universidade Da Madeira, Dissertaçã.
Kinasih, A., Djara, R. L., & Karwur, F. F. (2021). Aktivitas olahraga bulu tangkis dan respon perubahan asam urat darah usia produktif. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 279–289. https://doi.org/10.21831/jk.v9i2.43271
Kuspriyani, D. S., & Setyawati, H. (2014). Survei Motivasi Prestasi Atlet Klub Bulutungkis Pendowo Semarang Tahun 2014. Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2), 108–114.
Lea, V. (2021). A közösségi média hatása a Teqball fejlődésére. (Doctoral dissertation, BCE Kommunikáció és Szociológia Intézet).
Lili, T. (2020). Nemzetköziesedés a Docler Holding példáján.
Nopiyanto, Y. E., & Dimyati, D. (2018). Karakteristik psikologis atlet Sea Games Indonesia ditinjau dari jenis cabang olahraga dan jenis kelamin. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.15010
Pranata, A. Y. (2016). Survei Minat Dan Motivasi Masyarakat Untuk Bersepeda Pada Pelaksanaan “Jogja Last Friday Ride” Di Kota Yogyakarta. 1–46.
Rui, D., De Lemos, C., & Estrela, C. (2021). Relatório de estágio : marketing digital na Federação Teqball Portugal [Universidade Lusófona]. https://recil.ensinolusofona.pt/handle/10437/12073
Setyawati, N., Dieny, F. F., Rahadiyanti, A., Fitranti, D. Y., & Tsani, A. F. A. (2020). Profil antropometri, ketersediaan energi dan kepadatan tulang pada atlet remaja putri berbagai cabang olahraga. Jurnal Keolahragaan, 8(1), 21–31. https://doi.org/10.21831/jk.v8i1.30367
Syahban, A. (2023). Analisis SWOT Olahraga Teqball di Indonesia. Research Gate, January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.29609.06248
Syaukani, A. A., Subekti, N., & Fatoni, M. (2020). Analisis tingkat motivasi belajar dan berlatih pada atlet-pelajar PPLOP Jawa Tengah tahun 2020. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32553
teqshop. (n.d.). https://www.teqshop.us/collections/teq-tables. Retrieved November 18, 2022, from https://www.teqshop.us/collections/teq-tables
Wiyoko, A. T. (2014). Survei Minat Dan Sistem Pengelolaan Manajemen Suporter Sepak Bola (Braling Mania) Purbalingga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(1), 1427–1433. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Somkin, A. A. (2020). Recreational games for students of a creative higher educational institution. Pedagogy And Modern Education: Traditions, Experience And Innovations Penza, September 05, 2020, 134–140.
Wang Fazhen & Yi Chao. (2020). SWOT analysis of "TEQBALL" foosball promotion and application in school football Journal of Xichang University (Natural Science Edition), 34(2), 84–88. https://doi.org/doi:10.16104/ j.issn.1673-1891.2020.02.019
Copyright (c) 2023 Jurnal MensSana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.