Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain di SMPN 1 Banyuasin 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam tes lari jarak pendek menggunakan stempel kinerja siswa yang berisi indikator kinerja siswa pada saat belajar lari jarak pendek. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin 1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar angket, dokumentasi, dan teknik analisis data yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Analisis dilakukan baik untuk data observasi maupun hasil tes siswa.Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa diperoleh hasil tes lari jarak pendek melalui pendekatan bermain untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin 1 rata-rata pencapaian pra siklus pada aspek kognitif sebesar 18,75%, efektif 64,58%, psikomotor 65,625%, sedangkan pada siklus I rata-rata pencapaian aspek kognitif 62,625%, dan efektif 69,79%, psikomotor 79,0625%. Dan pada siklus II rata-rata pencapaian pada aspek kognitif sebesar 71,87%, aspek efektif sebesar 76,73%, dan psikomotorik sebesar 82,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin 1. Terdapat 4 siswa yang tuntas prasiklusnya atau persentasenya sebesar 12,5%, dan siklus II siswa yang tuntas sebanyak 31 orang atau persentase 96,875%. Jadi hasil perbandingan prasiklus ke siklus II sebesar 84,3% atau meningkat 27 siswa.
Downloads
References
Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs : Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/aian.v2n1a1
Ananda, R. (2022). Perbedaan Pengaruh Latihan Knee Tuck Jump Dan Latihan Squat Jump Terhadap Kecepatan Dan Ketepatan Shooting Pada Club Futsal Medan City 2021.
Anggraeni, C. S., Nurwansyah, R., & Yuda,
A. K. (2021). Tingkat Pengetahuan Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 680–690. https://doi.org/10.5281/zenodo.580463 3
Destriani, D., Destriana, D., & Muslimin,
M. (2021). Efektivitas teknik pembelajaran drills smash permainan bolavoli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 115–121. https://doi.org/10.21831/jpji.v17i2.449 76
Destriani, D., Giartama, G., Hartati, H., & Victoriand, A. R. (2018).
Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes Pada Mata Pelajaran Ilmu PengetahuanAlam Di Sekolah Dasar. Sebatik, 22(2), 167–171. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2. 334
Destriani, D., Waluyo, W., Yusfi, H., & Destriana, D. (2020). Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 57–63.
Haryanto, A. I., & Fataha, I. (2021).
Korelasi Panjang Tungkai, Power Otot Tungkai Dan Kecepatan Lari Dengan Hasil Lompat Jauh. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 42–50. https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9890
Hidayat, R. (2020). Pengaruh Metode Latihan Plyometrics terhadap Kecepatan Atlet Sepakbola SMA N 4 Sumbar FA. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 48–53.
Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif.
Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.24036/musikolastika. v2i2.48
Kemala, A. (2019). Analisis Start Blok Ditinjau Dari Daya Ledak Dan Kecepatan Reaksi Pada Atlet Lari Jarak Pendek. Motion Jurnal Riset Physical Education, 10(1), 22–31.
Khoir, S. N., Usra, M., & Destriana. (2021).
Efektivitas Pembelajaran Pjok Tatap Muka Terbatas Era New Normal.
Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, 421–434.
Rahayu, R. A. (2020). Pengaruh Skeptisisme Profesional Audit dan Keahlian Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Riset Akutansi Terpadu, 13(2), 242-255.
Randa, G. (2019). Kontribusi Power Otot Tungkai Terhadap Hasil Lari Sprint 100 Yard Pada Siswa Kelas XI IPS2 SMA Negeri Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi.
Ridho, M. A. (2018). Pengaruh Latihan Dengan Menggunakan Parasut Terhadap Kecepatan Lari 60 M (Studi Ekstrakulikuler Atletik Smp Dr.
Seotomo, Usia 13-15 Tahun).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sukiryono, S. (2021). Pendekatan Bermain MeningkatkanPembelajaran Lari Cepat. In Media Nusantara.
Susiyamni, & Asriansyah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek 60 Meter Melalui Permainan Hitam-Hijau pada Siswa Kelas V SD Negeri 17 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Edutainment, 2(21–43).
Usra, M., Ihsanudin, & Randa. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif Calon Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 6(1), 94. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n1.p9 4-106
Wahyu, T., Sugiyono, & Prayoga, D. (2019). Metode an Pendidikan. Penerbit Alfabeta.
Copyright (c) 2024 Jurnal MensSana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

