Perbandingan Motivasi Siswa Terhadap Model Klasikal Dan Model Permainan Kecil Dalam Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri 51 Tik Sirong
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah masih banyaknya siswa yang kurang termotivasi untuk mengikuti pelaksanaan pembelajaran Penjas. Banyak faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Penjas khususnya di SD Negeri 51 Tik Sirong. Diantaranya kurangnya kemampuan guru merencanakan program pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui motivasi Siswa terhadap pembelajaran model Klasikal, 2) mengetahui motivasi Siswa terhadap pembelajaran model permainan kecil, 3) melihat perbandingan motivasi siswa dalam model Klasikal dan model permainan kecil dalam pembelajaran penjas di kelas V SD Negeri 51 Tik Sirong Kecamatan Topos.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini diadakan di SD Negeri 51 Tik Sirong pada bulan Agustus 2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas V SD Negeri 51 Tik Sirong, yang berjumlah 200 orang, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Teknik pengambilan sampel Proposional Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukan Motivasi Siswa Terhadap Klasikal diperoleh sebesar 51,7%. Artinya bahwa Motivasi Siswa Terhadap Model Klasikal berada pada klasifikasi cukup, Motivasi Siswa Terhadap Model Permainan Kecil diperoleh sebesar 73,2%. Artinya Motivasi Siswa Terhadap Model Permainan Kecil berada pada klasifikasi baik, dan terdapat Perbedaan yang berarti dengan membandingkan antara Motivasi Siswa Dalam Model Klasikal dengan kategori cukup dengan Model Permainan Kecil dalam Pembelajaran Penjas di Kelas V SD Negeri 51 Tik Sirong dengan kategori baik.
Kata Kunci: Motivasi Siswa, Model Klasikal, Model Permainan Kecil
Downloads
References
Abdullah, C. P. E. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, 27–52.
Agustan, B., Kusmaedi, N., Hendrayana, Y., Abduljabar, B., & Ginanjar, A. (2020). Modifikasi pembelajaran: hybrid sport education-invasion games competence model terhadap performa permainan bola basket. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 157–172. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14 005
Ardiansyah, A., Yusmawati, & Wasan, A. (2022). Pengaruh model teaching personal and social responsibility (TPSR) berbasis hybrid dan online learning serta tanggung jawab terhadap aktivitas fisik. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 139–153. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.96
Arfenda, S. E. (2020). Penerapan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pjok Di Sma. Seminar Nasional Keolahragaan, (2013), 1–3.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aru Fantiro, F., Arifin, B., Muzakki, A., & Setiawan, E. (2022). Blended learning or full online: Increase student mood and motivation during the new normal Pembelajaran, 8(1), 13-28. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i1.17 507
Asyrofi, M., & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Multiple Intellingence Pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32–39.
Banat, A., & Martiani. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Penjas Menggunakan Media Google Classroom Melalui Hybrid Learning Pada Pembelajaran Profesi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 119. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20147
Brian, A., & Volchenkova, K. N. (2016). Blended learning: Definition, models, implication for higher education. Educational Sciences, 8(2), 24–32.
Cremers, P. H., Wals, A. E., Wesselink, R., & Mulder, M. (2016). Design principles for hybrid learning configurations at the interface between school and workplace. Learning Environments Research, 19(3), 309–334.
Fahrijal, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Hybrid. PRISMA, 11(1), 177–192.
Gil-Arias A, Harvey S, Cárceles A, Práxedes A, Del Villar F (2017) Impact of a hybrid TGfU-Sport Education unit on student motivation in physical education. PLoS ONE 12(6): e0179876. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0179 876
Goodyear, P. (2020). Design and co- configuration for hybrid learning: Theorising the practices of learning space design. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1045–1060. https://doi.org/10.1111/bjet.12925.
Advantage: Graduate student perspectives of hybrid education courses. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 27(1), 69–80.
Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430
Hidayatullah, F., & Anwar, K. (2020). Hybrid Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Dan Menengah Maupun Pendidikan Olahraga Perguruan Tinggi. Prosiding SENOPATI (Seminar Olahraga Pendidikan Dalam Teknologi Dan Inovasi), 1(1), 1–7.
Jaya, I. K. O. P., Yoda, I. K., & Swadesi, I. K.I. (2021). Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP. Jurnal Penjakora, 8(September), 151–158.
Jumareng, H., Setiawan, E., Patah, I. A., Aryani, M., Asmuddin, Gani, R. A.(2021). Online Learning and Platforms Favored in Physical Education Class during COVID-19 Era: Exploring Student’ Perceptions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(1), 11 - 18. DOI: 10.13189/saj.2021.090102.
Jumareng, H., Setiawan, E., Budiarto, B., Kastrena, E., Patah, I., & Gani, R. (2021). Analisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran online pada kelas pendidikan jasmani selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 24-32. doi:https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.343 22
Jumareng, H., Setiawan, E., Asmuddin, A., Rahadian, A., Gazali, N., & Badaruddin,
B. (2022). Online Learning for Children with Disabilities During the COVID-19: Investigating Parents' Perceptions. The Qualitative Report, 27(2), 591-604.https://doi.org/10.46743/2160- 3715/2022.4926
Karabulut-Ilgu, A., & Jahren, C. (2016). Evaluation of hybrid learning in a construction engineering context: A mixed-method approach. Advances in Engineering Education, 5(3).
Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur,
L. (2020). Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli saat Situasi COVID-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1
Kresse, W., & Watland, K. H. (2016). Thinking outside the box office: Using movies to build shared experiences and student engagement in online or hybrid learning. Journal of Learning in Higher Education, 12(1), 59–64.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). The Importance of Study Skills in the 21st Century as Demands in Human Resource Development. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mumford, S., & Dikilitaş, K. (2020). Pre- service language teachers reflection development through online interaction in a hybrid learning course. Computers & Education, 144.
Nissim, Y., Weissblueth, E., Webber, L. S., & Amar, S. (2016). The effect of a stimulating learning environment on pre- service teachers’ motivation and 21st century skills. Journal of Education and Learning, 5(3). https://doi.org/doi:10.5539/jel.v5n3p29
Olivotti, D., Passlick, J., Axjonow, A., Eilers, D., & Breitner, M. H. (2018). Combining machine learning and domain experience: a hybrid-learning monitor approach for industrial machines. International Conference on Exploring Service Science.
Osborne, J. (2013). The 21st century challenge for science education: assessing scientific reasoning. Journal Thinking Skills and Creativity, 10, 265– 279.
Panyajamorn, T., Suanmali, S., Kohda, Y., Chongphaisal, P., & Supnithi, T. (2018). Effectiveness of e-learning design in Thai public schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 15(1), 1–34.
Purba, R.A (2022). Hybrid Models with Technology: Is it Effective for Learning in Abnormal Situations?. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 1-9
Purmadi, A., & Hadi, M. S. (2018). Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi …, 135–140. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomt ech/article/view/5467
Raes, A., Detienne, L., Win dey, I., & Depaepe,
F. (2020). A systematic literature review on synchronous hybrid learning: gaps identified. Learning Environments Research, 23(3), 269–290.
Rahadian, A., Setiawan, E., Jumareng, H., Kastrena, E & Gani, R.A. (2021). Inklusi Berbasis Blended Learning Bagaimana Efeknya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa Disabilitas?, jm, vol. 6, no. 2, pp. 154-163,Oct. 2021.
Rorimpandey, W.H.F & Midun, Hendrikus. (2021). Effect of Hybrid Learning Strategy and Self-Efficacy on Learning Outcomes. Journal of Hunan University, Natural Sciences, 48(8).
Seok, S. (2008). Teaching aspect on e-learning. International Journal on E-Learning, 7(4), 725–741.
Setiawan, E., Jumareng, H., Kastrena, E., Juliantine, T., & Gani, R. (2021). Learning Media Needs in the COVID-19 Era: Development of Textbooks for Learning Model Courses in Physical Education. Sport Science, 21(2), 77-87. https://doi.org/10.24036/JSOPJ.63
Setiawan, E., Jumareng, H., Aryani, M., & Kastrena, E. (2021). Teaching Personal Social Responsibility Versus Konvensional sebagai Upaya Menciptakan Good Character Mahasiswa Laki-Laki dan Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 104-114. https://doi.org/10.5281/zenodo.4424224
Setiawan, E., Gani, R.A., Winarno, M.E., Jumareng, H & Asnaldi, A. (2021). Student Morale Increase After The Blended-Based Tpsr Program During The Covid-19 Era?. 5(1),51-63 DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i1p51-63
Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shen, Y.; Shao, W. (2022). Influence of Hybrid Pedagogical Models on Learning Outcomes in Physical Education: A Systematic Literature Review. Int. J. Environ. Res. Public Health 2022, 19,9673. https://doi.org/10.3390/ijerph1915967
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulthoniyah, I., Afianah, V. N., Afifah, K. R., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Hybrid Learning dan Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2466–2476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.23 79
Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. Teorema, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1071
Zhurakovskaya, V., Sichinava, A., Simakova, T., Olicheva, O., Rykov, S., Valeeva, J., Ilyashenko, S. (2020). Innovations in education—the development of a new pedagogical technology of a combinational type, focused on the Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–14. https://doi.org/10.3390/joitmc6040123
Copyright (c) 2025 Jurnal MensSana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

