Tingkat Pemahaman Siswa kelas VII terhadap Materi Basket SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Sleman

  • Khairina Yuniar UNY
Keywords: Tingkat pemahaman, bola basket, pendidikan jasmani, siswa sekolah menengah pertama, penilaian formatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas VII tentang permainan bola basket di SMP Negeri 2 Ngemplak, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak kelas A, B, dan C sebanyak 96 siswa yang sekaligus menjadi subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dan instrumen yang digunakan adalah tes yang disebarkan melalui Google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pemahaman sebagai berikut: pada tingkat sangat tinggi sebanyak 33 siswa (34,3%), pada tingkat tinggi sebanyak 57 siswa (59,3%), pada tingkat sedang sebanyak 6 siswa (6,4%), pada tingkat rendah sebanyak 0 siswa (0%), dan pada tingkat sangat rendah sebanyak 0 siswa (0%). Hasil tersebut dapat diartikan sebagai tingkat pemahaman siswa kelas VII terhadap permainan bola basket di SMP Negeri 2 Ngemplak, sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi.

 

Kata Kunci: tingkat pemahaman, permainan bola basket, siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Wulandari, D., Huda, C., & Suneki, S. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 Di Sd Negeri Petompon 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2808–2833. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1160

Cahyadi, P., Susianti, E., & Kurniawan, F. (2022). Optimalisasi Keterampilan Bola Basket Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4079–4089.

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3518

Ginanjar, A. (2019). The Effects of Personalized System for Instruction Learning Model on Vocational School Students’ Motivation. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.13218

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Published
2025-11-27
How to Cite
[1]
K. Yuniar, “Tingkat Pemahaman Siswa kelas VII terhadap Materi Basket SMP Negeri 2 Ngemplak Kabupaten Sleman”, jm, vol. 10, no. 2, pp. 166-170, Nov. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.