Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
indonesia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lompat tinggi melalui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis permainan tradisional. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa kelas V. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan McTaggart, yang meliputi empat tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui asesmen formatif serta observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan signifikan pada capaian belajar siswa di setiap siklus. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 69,00 pada siklus I, menjadi 75,50 pada siklus II, dan mencapai 81,50 pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan, yakni dari 65% pada siklus I, naik menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 90% pada siklus III. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis permainan tradisional terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, mendorong keterlibatan aktif, serta memperkuat motivasi siswa dalam pembelajaran lompat tinggi.
Kata kunci: lompat tinggi, permainan tradisional, PTK, hasil belajar
Downloads
References
Ari$fi$n, Z. (2017). Strate$gi$ Pe$mbe$lajaran Pe$ndi$di$kan Jasmani$ Be$rbasi$s Pe$rmai$nan. Jakarta: Rajawali$ Pe$rs.
Ari$kunto, S. (2013). Dasar-Dasar E$valuasi$ Pe$ndi$di$kan. Jakarta: Bumi$ Aksara.
Ari$ska, T., & Rahayu, D. (2022). Dampak pande$mi$ te$rhadap akti$vi$tas fi$si$k si$swa se$kolah dasar. Jurnal Pe$ndi$di$kan Dasar, 10(1), 55–62.
Azi$zah, S. N. (2021). Pe$ni$ngkatan Hasi$l Be$lajar Si$swa Me$lalui$ Mode$l De$monstrasi$ pada Pe$mbe$lajaran PJOK. Jurnal Pe$ndi$di$kan Jasmani$, 9(1), 34–41.
De$pdi$kbud. (1994). Kuri$kulum Se$kolah Dasar: Pe$doman Khusus Pe$ndi$di$kan Jasmani$ dan Ke$se$hatan. Jakarta: De$parte$me$n Pe$ndi$di$kan dan Ke$budayaan.
Fatah, A., Prase$tyo, D., & Wi$bowo, S. (2019). I$mple$me$ntasi$ PTK dalam Pe$ni$ngkatan Pe$mbe$lajaran PJOK. Jurnal I$lmu Pe$ndi$di$kan, 25(2), 100–110.
Handayani$, L., & Munasti$wi$, E$. (2022). E$valuasi$ pe$laksanaan pe$ndi$di$kan jasmani$ di$ se$kolah dasar. Jurnal Pe$ne$li$ti$an Pe$ndi$di$kan, 23(3), 112–120.
Hopki$ns, D. (2011). A Te$ache$r's Gui$de$ to Classroom Re$se$arch (4th e$d.). McGraw-Hi$ll E$ducati$on.
Ke$mdi$kbud. (2021). Panduan I$mple$me$ntasi$ Kuri$kulum Me$rde$ka. Jakarta: Ke$me$nte$ri$an Pe$ndi$di$kan, Ke$budayaan, Ri$se$t, dan Te$knologi$.
Ke$mmi$s, S., & McTaggart, R. (1988). The$ Acti$on Re$se$arch Planne$r. Vi$ctori$a: De$aki$n Uni$ve$rsi$ty Pre$ss.
Kusuma, R., & Pratama, H. (2024). Anali$si$s ke$mampuan dasar atle$ti$k si$swa SD. Jurnal Olahraga dan Ke$se$hatan, 12(2), 89–97.
Musli$ch, M. (2011). Pe$ndi$di$kan Karakte$r Be$rbasi$s Ke$gi$atan Pe$njas. Bandung: Re$maja Rosdakarya.
Nuryanto, H. (2020). Pe$rmai$nan tradi$si$onal se$bagai$ me$di$a pe$mbe$lajaran pe$njas. Jurnal I$lmu Ke$olahragaan, 18(1), 23–35.
Rahmat, A., & Mi$rnawati$, N. (2020). *Strate$gi$ Pe$mbe$lajaran Akti$f dalam Me$ni$ngkat
Sugi$yono. (2021). Me$tode$ Pe$ne$li$ti$an Pe$ndi$di$kan: Pe$nde$katan Kuanti$tati$f, Kuali$tati$f, dan R&D. Bandung: Alfabe$ta.
Suyadi$, & Ulfah, M. (2013). Pe$rmai$nan Tradi$si$onal untuk Pe$ndi$di$kan Karakte$r Anak. Yogyakarta: Pe$dagogi$a.
Unandar, R., Sae$fudi$n, D., & Pe$rmana, Y. (2023). Pe$nggunaan Pe$nde$katan Konte$kstual dalam Pe$mbe$lajaran Pe$njas untuk Me$ni$ngkatkan Akti$vi$tas Be$lajar Si$swa. Jurnal Olahraga dan Pre$stasi$, 7(1), 15–25.
Vygotsky, L. S. (1978). *Mi$nd i$n Soci$e$ty: The$ De$ve$lopme$nt of Hi$ghe$r Psychologi$cal
Yani$, S. (2018). Pe$nge$mbangan ge$rak dasar me$lalui$ pe$rmai$nan lokal. Jurnal Pe$ndi$di$kan Jasmani$, 9(1), 44–51.
Copyright (c) 2025 Jurnal MensSana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

