KONSTRIBUSI KEKUATAN TANGAN DAN KELENTUKAAN TOGOK TERHADAP BANTINGAN GRAND AMPLITUDE PADA OLAHRAGA GULAT

  • Ali Asmi Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Kekuatan tangan, Kelentukan Togok, Bantingan Grand Amplitude

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, bertujuan untuk melihat Kontribusi kekuatan otot tangan dan kelentukan togok terhadap bantingan grand amplitude pada olahraga gulat. Populasi penelitian adalah atlet Gulat Sumatera Barat yang berjumlah 101 orang, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah atlet adalah atlet kota Padang, Bukittingi, Kab. Pesisir Selatan dan Kab. Dharmasraya yang berjumlah 43 orang, dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan tangan dengan bantingan grand amplitude, (th=22.57> tt=1,64) dengan kontribusi sebesar 33,1%. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dengan bantingan grand amplitude, (th=3,133> tt=2,42) dengan kontribusi sebesar 19,3%. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan tangan dan kelentukan togok secara bersama-sama dengan bantingan grand amplitude, (Fh=14,29 > Ft=3,83) dengan kontribusi sebesar 41,7%. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
[1]
A. Asmi, “KONSTRIBUSI KEKUATAN TANGAN DAN KELENTUKAAN TOGOK TERHADAP BANTINGAN GRAND AMPLITUDE PADA OLAHRAGA GULAT”, jm, vol. 1, no. 1, pp. 75-85, May 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.