HUBUNGAN KELENTURAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN DASAR SEPAKSILA PADA SEPAKTAKRAW

  • Hasri Wandi Nur Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Kelenturan, Kelincahan, Kemampuan Dasar Sepaksila

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan dasar sepaksila mahasiswa FIK UNP, yang diduga karena kurangnya kelenturan dan kelincahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kelenturan dan kelincahan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan kemampuan dasar sepaksila. Populasi penelitian adalah mahasiswa FIK UNP yang mengambil mata kuliah sepaktakraw dasar yang berjumlah 62 orang, terdiri dari 48 putra dan 14 putri. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah : (1) Tes Duduk dan Raih (Sit and Reach Test); (2) Tes lari Berkelok-kelok; (3) Tes mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam untuk mengukur kemampuan dasar sepaksila. Temuan penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hubungan yang berarti antara kelenturan dengan kemampuan dasar sepaksila; (2) Terdapat hubungan yang berarti antara kelincahan dengan kemampuan dasar sepaksila; (3) terdapat hubungan yang berarti antara kelenturan dan kelincahan secara bersama-sama dengan kemampuan dasar sepaksila.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-17
How to Cite
[1]
H. Nur, “HUBUNGAN KELENTURAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN DASAR SEPAKSILA PADA SEPAKTAKRAW”, jm, vol. 1, no. 2, pp. 49-58, Nov. 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.