MOTIVASI SISWA DALAM AKTIVITAS PENGEMANGAN DIRI BIDANG KEPRAMUKAAN DI GUGUS DEPAN SDN 22 ULAK KARANG UTARA KOTA PADANG

  • Zarwan FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Rosmawati FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Arsil FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Motivasi Siswa, Pengembangan Diri, Kepramukaan

Abstract

Masalah dalam penelitian berawal dari kurang terlaksananya kegiatan kepramukaan di Gugus Depan SDN 22 Ulak Karang Utara Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi instrinsik dan ekstrinsik siswa dalam kegiatan kepramukaan di Gugus Depan SDN 22 Ulak Karang Utara Kota Padang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan atau kondisi pada saat penelitian. Populasi dalam penelitian seluruh siswa yang mengikuti kegiatan pramuka yang berjumlah 30 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu 30 orang. Alat pengumpul data adalah angket dengan skala Likert. Data di analisis dengan statistik deskriptif dengan teknik persentase.

Hasil penelitian  diperoleh sebagai berikut : (1) Motivasi intrinsik siswa dalam aktivitas pengembangan diri bidang kepramukaan di Gugus Depan SDN 22 Ulak Karang Utara Kota Padang sebesar 73.83%,  termasuk klasifikasi ”Sedang”. 2) Motivasi ekstrinsik siswa dalam aktivitas pengembangan diri bidang kepramukaan di Gugus Depan SDN 22 Ulak Karang Utara Kota sebesar 69.97%, termasuk klasifikasi  “Sedang”. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dalam aktivitas pengemangan diri Bidang Kepramukaan di Gugus Depan SDN 22 Ulak Karang Utara Kota Padang termasuk klasifikasi “Sedang” dan perlu ditingkatkan lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-15
How to Cite
[1]
Z. FIK-UNP, R. FIK-UNP, and A. FIK-UNP, “MOTIVASI SISWA DALAM AKTIVITAS PENGEMANGAN DIRI BIDANG KEPRAMUKAAN DI GUGUS DEPAN SDN 22 ULAK KARANG UTARA KOTA PADANG”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 1-9, Jun. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.