HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MASASE DASAR MAHASISWA FIK UNP.

  • Darni FIK-UNP
  • eldawaty FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Edwarsyah FIK-UNP
Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Masase

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar masase dasar mahasiswa FIK UNP hanya 2,6 persen mahasiswa yang memperoleh nilai A- dan tidak ada mahasiswa yang mampu mencapai nilai A dengan rentang nilai 85-100, serta banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai E. Sesuai dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar masase dasar mahasiswa FIK UNP.

Jenis penelitian ini adalah korelasional sederhana yang ingin melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar masase dasar mahasiswa FIK UNP. Motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa FIK UNP yang terdaftar pada semester Januari - Juni tahun pelajaran 2014 yang berjumlah 640 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga sampel adalah mahasiswa Pendidikan Olahraga yang berjumlah 66 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah angket menggunakan skala likert dan hasil belajar menggunakan nilai semester mahasiswa semester Januari – Juni 2014. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi sederhana Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar memiliki hubungan signifikan dengan hasil belajar masase dasar, diperoleh rhitung = 0,533 > rtabel = 0,235 pada taraf α= 0,05 demikian juga uji signifikan menunjukkan thitung 6,98 > ttabel1,663, dengan demikian hipotesisi kerja yang diajukan diterima. jadi terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar masase dasar mahasiswa FIK UNP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-16
How to Cite
[1]
D. FIK-UNP, eldawaty FIK-UNP, and E. FIK-UNP, “HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MASASE DASAR MAHASISWA FIK UNP.”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 10 - 18, May 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.