HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN OTOT LENGAN DENGAN KETEPATAN SMASH ATLET BOLAVOLI GEMPAR KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Yulifri FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Sepriadi FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Asep Sujana wahyuri Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Daya Ledak, Otot Tungkai, Otot Lengan, Ketepatan Smash, Bolavoli

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah smash yang dilakukan atlet bolavoli Gempar Kabupaten Pasaman Barat sering tidak tepat sasaran. Banyak faktor yang mempengaruhi ketepatan smash tersebut diantaranya daya ledak otot tungkai dan otot lengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan otot lengan dengan ketepatan smash atlet bolavoli Gempar Kabupaten Pasaman Barat.

Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini atlet bolavoli Gempar Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah sebanyak 25 orang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel yaitu 25 orang. Data daya ledak otot tungkai dilakukan dengan tes vertical jump, daya ledak otot lengan menggunakan tes one hand medicine ball put dan ketepatan smash menggunakan tes ketepatan smash. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya ledak otot tungkai mempunyai hubungan yang signifikan dengan ketepatan smash, karena diperoleh rhitung 0,455 > rtabel 0,396. Daya ledak otot lengan mempunyai hubungan yang signifikan dengan ketepatan smash, karena diperoleh rhitung 0,406 > rtabel 0,396. daya ledak otot tungkai dan otot lengan secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan dengan ketepatan smash bolavoli Gempar Kabupaten Pasaman Barat, karena diperoleh Rhitung = 0,523 > Rtabel 0,396 dan diterima kebenarannya secara empiris.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-15
How to Cite
[1]
Y. FIK-UNP, S. FIK-UNP, and A. wahyuri, “HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN OTOT LENGAN DENGAN KETEPATAN SMASH ATLET BOLAVOLI GEMPAR KABUPATEN PASAMAN BARAT”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 19-32, Jun. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.