HUBUNGAN KESEIMBANGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA PEMAIN SEPAKTAKRAW SMP NEGERI 2 BATANG ANAI

  • Zulman FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Ali Umar Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Atradinal FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Keseimbangan, Kelincahan, Keterampilan Sepak Sila

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya keterampilan Sepak Sila pemain Sepaktakraw SMP Negeri 2 Batang Anai. Hal ini diduga dipengaruhi oleh keseimbangan dan kelincahan yang dimiliki pemain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  hubungan keseimbangan dan kelincahan terhadap keterampilan Sepak Sila Pemain Sepaktakraw SMP Negeri 2 Batang Anai.

Jenis penelitian adalah korelasi, dengan populasi pemain Sepaktakraw SMP Negeri 2 Batang Anai sebanyak 15 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling yang mana seluruh populasi 15 orang dijadikan sampel. Pengumpulan data penelitian keseimbangan menggunakan tes keseimbangan dengan tes berdiri dengan satu kaki dengan mengembangkan kedua tangan, dan kelincahan  menggunakan tes suthle run (lari bolak-balik), keterampilan Sepak Sila, dengan melakukan Sepak Sila pemain diberi kesempatan melakukanya selama 60 detik. Data diolah menggunakan rumus korelasi product moment.

Hasil penelitian ditemukan 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan keterampilan Sepak Sila dalam Sepaktakraw pemain SMP Negeri 2 Batang Anai dengan thitung (3.240) > ttabel (1.771), 2) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan Sepak Sila dalam Sepaktakraw pemain SMP Negeri 2 Batang Anai dengan thitung (0.371) < ttabel (1.771), 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan dan kelincahan secara bersama-sama terhadap keterampilan Sepak Sila dalam Sepaktakraw dengan Fhitung (5.86) > Ftabel (3.88) dilihat dari pemain Sepaktakraw SMP Negeri 2 Batang Anai.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-15
How to Cite
[1]
Z. FIK-UNP, A. Umar, and A. FIK-UNP, “HUBUNGAN KESEIMBANGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA PEMAIN SEPAKTAKRAW SMP NEGERI 2 BATANG ANAI”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 77-88, Jun. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.