STUDI TENTANG TINGKAT PENGETAHUAN ILMU GIZI SISWA-SISWI SMP NEGERI 32 PADANG

  • Hilmainur Syampurma Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Pengetahuan Ilmu Gizi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilihat dari pekerjaan orang tua siswa rata-rata bertani,dan jam kerja mereka bahkan lebih dari 12 jam sehari. Karena kesibukan yang dialami oleh orang tua tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka timbul kebiasaan yaitu orang tua kurang memperhatikan asupan gizi anaknya, misalnya anak-anaknya tidak dibiasakan untuk sarapan pagi, hanya diberi uang saku untuk membeli makanan di sekolah, membiasakan mengkonsumsi makanan yang dijual di warung, sementara keseimbangan gizi dan kebersihannya kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa-siswi SMP Negeri 32 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 32 Padang. Penarikan sampel dengan teknik Purposive Sampling, ditetapkan sebanyak 72  orang sebagai sampel. Teknik pengambilan data pengetahuan ilmu gizi dengan membagikan angket. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa-Siswi SMP Negeri 32 Padang  mencapai persentase 73,24%. Dengan demikian, pengetahuan ilmu gizi siswa-siswi di SMP Negeri 32 Padang dikategorikan “BAIK”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-15
How to Cite
[1]
H. Syampurma, “STUDI TENTANG TINGKAT PENGETAHUAN ILMU GIZI SISWA-SISWI SMP NEGERI 32 PADANG”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 88-99, Jun. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.