ANALISIS KEMAMPUAN KONDISI FISIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

  • Sefri Hardiansyah Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Kondisi fisik, Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kondisi fisik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang yang meliputi kecepatan, kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, daya ledak otot tungkai dan kemampuan volume oksigen maksimal (Vo2max). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif untuk mengetahui keadaan sebenarnya di lapangan tentang kemampuan kondisi fisik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes lari 40 meter untuk mengukur kecepatan, tes push up untuk mengukur kekuatan otot lengan, tes sit up untuk mengukur kekuatan otot perut, tes standing broad jump untuk mengukur daya ledak otot tungkai dan bleep test untuk mengukur Vo2max. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kecepatan berada pada kategori baik, rata-rata kekuatan otot lengan berada pada kategori baik, rata-rata kekuatan otot lengan pada kategori kurang dan rata-rata daya ledak otot tungkai berada pada kategori baik sekali serta rata-rata vo2max berada pada kategori baik. Simpulan berdasarkan pengukuran yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan kondisi fisik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-15
How to Cite
[1]
S. Hardiansyah, “ANALISIS KEMAMPUAN KONDISI FISIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG”, jm, vol. 3, no. 1, pp. 117-123, Jun. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.