KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP HASIL TEKNIK ANGKATAN SNATCH ATLET ANGKAT BESI DI SASANA HBT (HIMPUNAN BERSATU TEGUH) PADANG

  • Edwarsyah FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Hilmainur Syampurma Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Yulifri FIK-UNP Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Kekuatan Otot Lengan, Teknik Angkatan Snatch

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi penulis temui di lapangan, bahwa kemampuan teknik angkatan snatch masih lemah dan rendah, serta kurangnya mental sangat mempengaruhi jiwa seseorang dalam pertandingan akibatnya teknik angkatan snatch mentok kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar kontribusi kekuatan otot lengan terhadap hasil teknik angkatan snatch di Sasana HBT (Himpunan Bersatu Teguh) Padang. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah yang atlet Angkat Besi di Sasana HBT (Himpunan Bersatu Teguh) Padang berjumlah 15 orang dengan menggunakan teknik total samping, maka sampel di tetapkan sebanyak 15 orang. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan ball medicine test dan teknik angkatan snatch. Data yang diperoleh dianalisis dengan product moment sederhana pada @0,05 dan untuk menentukan seberapa besar kontribusinya ditentukan dengan menggunakan rumus koefisien determinan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa kekuatan otot lengan mempunyai hubungan signifikan dengan teknik angkatan snatch, ditandai dengan hasil yang diperoleh yaitu rhitung > rtabel dengan kontribusi sebesar 31,80%.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-15
How to Cite
[1]
E. FIK-UNP, H. Syampurma, and Y. FIK-UNP, “KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP HASIL TEKNIK ANGKATAN SNATCH ATLET ANGKAT BESI DI SASANA HBT (HIMPUNAN BERSATU TEGUH) PADANG”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 8-15, Dec. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.