STUDI KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 28 AIR TAWAR TIMUR KECAMATAN PADANG UTARA KOTA PADANG

  • Deswandi Deswandi Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Syafruddin Syafruddin Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
  • Khairuddin Khairuddin Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeristas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Motorik, Motorik Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes di SD Negeri 28 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Banyak faktor yang menyebabkannya, salah satu faktor penulis duga disebabkan  oleh kemampuan motorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik siswa SD Negeri 28 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Jenis Penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 28 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang berjumlah 35 orang, Penarikan Sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu menetapkan siswa kelas V sebagai sampel yang berjumlah 35 orang, dimana siswa putra 16 orang dan siswa putri 19 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran tes kemampuan motorik yang meliputi: Lempar bola basket. tes koordinasi mata tangan, lari 40 meter, Tes lompat jauh tanpa awalan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase

Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Dari 16 orang responden putra menunjukkan bahwa kemampuan motorik pada kategori sangat baik  6 orang, baik 10 orang  sedangkan kategori sedang, kurang dan sangat kurang tidak ada. Rata - rata skor kemampuan motorik siswa putra  13.38, termasuk kategori baik, 2) Dari 19 orang responden putri menunjukkan bahwa kemampuan motorik pada kategori sangat baik 4 orang,  baik 11 orang, sedang 4 orang sedangkan kategori kurang dan sangat kurang tidak ada. Rata - rata skor kemampuan motorik siswa putri  12.58, termasuk kategori baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-15
How to Cite
[1]
D. Deswandi, S. Syafruddin, and K. Khairuddin, “STUDI KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 28 AIR TAWAR TIMUR KECAMATAN PADANG UTARA KOTA PADANG”, jm, vol. 3, no. 2, pp. 81-92, Dec. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.