Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Bidding Dan Playing Mini Bridge Siswa Sd Negeri 004 Rambah Samo

  • Debi Indah STKIP Rokania
  • Hendri Mulyadi STKIP Rokania

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa SD Negeri 004 Rambah Samo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa SD Negeri 004 Rambah Samo dengan penerapan metode drill. Metode yang digunakan penelitian eksperimen semu berupa memberikan perlakukan latihan drill yang dirangkum dalam program latihan dengan menggunakan modul pembelajaran mini bridge. Data penelitian dianalisa menggunakan t-tes pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan, nilai pretest kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa sebesar 53,75 meningkat menjadi nilai posttest sebesar 77,19 setelah memberikan perlakuan penerapan metode drill. Hasil analisa data diperoleh t hitung sebesar 18,486 sedangkan t tabel sebesar 1,753. Berarti, penerapan metode drill memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bidding dan playing mini bridge. Disimpulkan, terjadinya peningkatan perlakuan penerapan metode drill terhadap kemampuan bidding dan playing mini bridge siswa SD Negeri 004 Rambah Samo yaitu sebesar 23,44%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asbi, Taufik. (2010). Belajar Bridge. Jakarta: GABSI.

Hardianto, (2012). Belajar dan Pembelajaran. Pasir Pengaraian: UPP Press.

Istarani. (2012). Kumpulan 40 Metode Pembelajaranuntuk Revolusi Pengajaran, Medan: Media Persada

Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Ajar Pembekalan Guru Bantu

GABSI. (2015). Mini Bridge. Jakarta.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 7 Nomor 2 Tahun 2010: Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Maolani, Rukaesih A, Ucu Cahyana. (2015) Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Published
2019-11-17
How to Cite
INDAH, Debi; MULYADI, Hendri. Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Bidding Dan Playing Mini Bridge Siswa Sd Negeri 004 Rambah Samo. Jurnal MensSana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 119-123, nov. 2019. ISSN 2622-4917. Available at: <http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/94>. Date accessed: 29 sep. 2020.