Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani

  • rika sepriani universitas negeri padang
  • Arrohim Hasan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Eldawaty Eldawaty Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang

Abstract

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah dan bertanggung jawab dalam menumbuhkan, menanamkan dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan karena diduga belum terlaksananya program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo seperti yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode observasi dengan teknik pengambilan datanya menggunakan lembar observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo sebanyak lima sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo, mempunyai kategori cukup dengan persentase 44,14%, dimana tiga sekolah berada pada kategori kurang dengan persentase masing-masingnya 28,95%, 37,56%, dan 39,66%, satu sekolah berada pada kategori cukup dengan persentase 47,76% , dan satu sekolah berada pada kategori baik dengan persentase 66,77%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Assefa M, Kumie A. 2014. Assessment of Factors Influencing Hygiene Behaviour among School Children in Mereb-Leke District, Northern Ethiopia: A Cross-sectional Study. BMC Public Health.

Departemen Kesehatan RI. 2009. Undang-Undang Kesehatan No. 36 Tentang Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depdiknas. 2006. Pembinaan UKS di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas RI.

Depdiknas. 2012. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Depdiknas RI

sepriani, r. (2019). HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KAPASITAS VITAL PARU MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Sporta Saintika, 4(1), 58-65.
Published
2019-11-17
How to Cite
SEPRIANI, rika; HASAN, Arrohim; ELDAWATY, Eldawaty. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bungo Dani. Jurnal MensSana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 124-131, nov. 2019. ISSN 2622-4917. Available at: <http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/95>. Date accessed: 29 sep. 2020.