Partisipasi Orang tua Dalam menunjang Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan

  • Yaslindo Yaslindo Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Zarwan Zarwan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Suwirman Suwirman
  • Willadi Rasyid Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang

Abstract

Untuk menunjang pross belajar mengajar di sekolah perlu adaya dukungan dari orang tua siswa, termasuk kegiatan ekstrakurikuler, agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya partisipasi dari orang tua siswa, tapi hal ini belum terselenggara dengan baik pada SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan, ini dapat dilihat dari kurang berjalannya kegiatan tersebut di sekolah. Hal ini di duga disebabkan oleh kurangnya partisipasi orang tua dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi orang tua siswa dalam menunjang kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan.


Melalui  penelitian ini akan dapat diketahui  apakah orang tua siswa mempunyai partisipasi atau tidak dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler anaknya di sekolah,dan nantinya diharapkan semoga kegiatan Ekstrakurikuler tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan tempat penulis bertugas. Metodologi penelitian tergolong Deskriptif, artinya penelitian yang menggambarkan sesuatu keadaan sebagaimana adanya. Populasi penelitian ini adalah orang tua dari siswa  SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan, tehnik pengambilan sampel  yang dipakai yaitu Tehnik  Purpossive Sampling, yaitu orang tua siswa kelas VIII.1. Tehnik pengolahan data adalah dengan tehnik Statistik Deskriptif.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Partisipasi orang tua dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan,  kalau kita lihat sesuai dengan keseluruhan pernyataan angket , ternyata 33,33 % orang tua sangat setuju, 16,67 % setuju, 10,17 % Ragu – ragu, 22,50 % kurang setuju dan 17,33 % orang tua sangat tidak setuju dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Namun kalau kita lihat secara keseluruhan, maka partisipasi orang tua dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dikategorikan cukup dengan rata-rata prosentase tingkat capaian sebesar 65,23 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arie Asnaldi, Zulman, Madri M, (FIK-Universitas Negeri Padang. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI OLAHRAGA DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SINTOGA KECAMATAN SINTUK TOBOH GADANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Menssana, 3(2), 16–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75

Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Aroso, T.V ( 1986 : 58 ) Ranah Kognitif dan Afektif.

Asmara, Husna ( 1982 ). Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arca.

B, Asril. 1996. Pembinaan Olahraga Prestasi. Padang : FPOK.

Daryanto,SS. 1998. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta : Bina Aksara.

Bompa, O. Tudor ( 1994 ) Theory and Methodology of Training. Bandung : Penterjemah, Pasca Sarjana UNPAD.

Boyke, 2003. Peranan Ibu dan Anak. Jakarta : Depkes.

Syafridin, 1999. Dasar-dasar Kepelatihan Olahraga. Dip Proyek FIKP UNP.

Harsono. 1998. Coaching dan Aspek-aspek Coaching. Jakarta : Depdikbud.

Mappiere, Andi. ( 1982 : 82 ) Pendidikan Psikologi. Jakarta.

Kiram.Yanuar. 1999. Peranan Pemerintah daerah Dalam Perkembangan Olahraga. Makalah disajikan pada Seminar Ilmiah Forum Komunikasi Guru-guru Olahraga : Kota Payakumbuh.

Setyobroto, Sudibyo. ( 2001 ). Mental Training. Jakarta : Rineka Cipta.

……………………. ( 2001 ). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsono, HP. ( 1986 : 33 ). Bimbingan Kepelatihan. Jakarta.

Sukintaka. ( 1975 : 10 ). Aspek – aspek Pembinaan. Bandung.

Yusuf. ( 1997 : 40 ). Statistik. Jaka
How to Cite
YASLINDO, Yaslindo et al. Partisipasi Orang tua Dalam menunjang Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 30 Solok Selatan Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Jurnal MensSana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 140-147, oct. 2019. ISSN 2622-4917. Available at: <http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/96>. Date accessed: 29 sep. 2020.