Pengaruh Keseimbangan Terhadap Kemampuan Sepaksila Sepaktakraw Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

  • Hasriwandi Nur Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Ali Asmi Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Sepriadi Sepriadi Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Zainul Johor Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini diharapkan bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh keseimbangan terhadap kemampuan bermain sepaktakraw mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Dimana setelah itu diharapkan tujuan luaran dari penelitian ini dapat dipublikasikan pada jurnal Sport Science Universitas Negeri Padang tahun 2017 dan jurnal nasional, dan juga digunakan sebagai tambahan pada bahan ajar pada mata kuliah Sepaktakraw.


Kontribusi penelitian ini juga diharapkan berguna bagi pengembangan pembelajaran sepaktakraw pada khususnya untuk mahasiswa FIK yang aktif melakukan olahraga dan masyarakat pada umumnya.Selain itu, penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan kontribusi antara keseimbangan terhadap kemampuan bermain sepaktakraw.Dan juga diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang olahraga pendidikan dan prestasi.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan korelasional.


Rancangan penelitian dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode tes untuk pengambilan data langsung.Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan yang mengambil mata kuliah sepaktakraw pada semester Juli-Desember 2016, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.Untuk mendapatkan data keseimbangan maka digunakan tes keseimbangan dan data kemampuan bermain sepaktakraw dengan tes teknik dasar sepaktakraw.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitan. Jakarta: Renika Cipta

Daniel Goleman. 1999. “Emotional Intelegence”. Jakarta:PT Gramedia.

Rusli Luthan. 1998. “Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Methode”. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Harsono. 1988. “ Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching”. Jakarta: P2LPTK, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Trevor Bently. 1997. “Sharpen Your Team’s Skills in Creativity” .New York : McGraw-Hill Publishing Company.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional

http://pakguruolahraga.blogspot.co.id/2013/07/teknik-dasar-sepaktakraw.html

http://juniardi08.blogspot.co.id/
Published
2019-11-17
How to Cite
NUR, Hasriwandi et al. Pengaruh Keseimbangan Terhadap Kemampuan Sepaksila Sepaktakraw Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal MensSana, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 132-139, nov. 2019. ISSN 2622-4917. Available at: <http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article/view/97>. Date accessed: 29 sep. 2020.